Kamis, 29 Zulhijjah 1435 / 23 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Alergi? Inilah 11 Obat Tradisional dari Alam

Senin, 27 Agustus 2012, 13:12 WIB
Komentar : 4
corbis.com
Alergi / Ilustrasi
Alergi / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mengatasi alergi tersedia berbagai obat termasuk di antaranya antihistamin, steroid, dan lainnya. Namun, selain obat buatan pabrik, tersedia pula solusi alami yang efektif untuk menghilangkan alergi.

Berikut adalah beberapa obat tradisional untuk mengatasi alergi:

1. Madu

Salah satu solusi alami paling efektif untuk pengobatan alergi adalah madu. Madu terdiri dari serbuk sari dan bahan-bahan lain yang efektif. Madu yang diproduksi secara lokal lebih disarankan karena mengandung serbuk sari tanaman yang melawan reaksi alergi dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

 

2. Quercetin

Quercetin merupakan antioksidan yang ditemukan dalam makanan seperti apel, berry, bawang, dan teh hitam. Quercetin membantu memblokir sintesis histamin sehingga mengurangi gejala alergi.

 

3. Antihistamin alami

Vitamin C adalah antihistamin alami. Perbanyak asupan vitamin C dari makanan untuk membantu mengobati alergi. Obat-obatan antihistamin bisa pula digunakan untuk memperkuat efek antihistamin alami.

 

4. Antioksidan alami

Antioksidan alami dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Beberapa buah-buahan dan sayuran yang dianjurkan untuk mengobati alergi termasuk ekstrak biji anggur, pisang, apel, tomat, wortel, dan bawang.

 

5. Berkumur dengan air garam

Obat alami yang efektif untuk mengobati tenggorokan bengkak akibat alergi adalah dengan berkumur menggunakan larutan air garam hangat. Selain itu, semprotan nasal saline membantu menghilangkan serbuk sari atau alergen lain yang berada dalam hidung sehingga mengurangi reaksi alergi.

 

6. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki kemampuan menghambat sintesis bahan kimia penyebab inflamasi yang bertanggung jawab memicu reaksi alergi.Makanan sumber asam lemak omega-3 meliputi kenari, minyak biji rami, dan minyak ikan.

 

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung antihistamin alami yang membantu meringankan alergi.Anda dapat minum 1– 2 cangkir teh hijau setiap hari untuk menyingkirkan alergi.

 

8. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat membantu mengobati gatal yang disebabkan alergi.Cuka apel dapat dimasukkan dalam diet atau diencerkan dalam air dan dioleskan pada daerah yang terkena alergi.Cuka apel juga membantu dalam menyingkirkan bakteri dan kuman.

 

9. Jahe

Jahe merupakan obat alami untuk alergi yang sama efektifnya dengan madu. Jahe juga merupakan antihistamin alami dan dekongestan. Setengah iris jahe dapat ditambahkan dalam teh atau dimakan dengan madu untuk mengobati dan mencegah alergi.

 

10. Bawang putih

Bawang putih mengandung sifat antivirus sehingga dianggap sebagai salah satu obat yang paling efektif untuk menghilangkan alergi. Bawang putih mentah lebih efektif daripada yang dimasak. Anda dapat mengkonsumsi 3 – 4 siung bawang putih yang dicampur dengan madu setiap hari untuk mencegah alergi.

 

11. Peppermint

Peppermint bertindak sebagai dekongestan alami yang membantu mengurangi gejala-gejala infeksi virus dan alergi.Teh peppermint juga membantu mengurangi masalah sinus dan membantu menyingkirkan batuk.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : oketips.com
Sesungguhnya Kami telah mengutus (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka. ((QS.Al-Baqarah [2]:119))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Kemarau Panjang Akibatkan Turunnya Pasokan Air Jakarta, Ini Solusinya
JAKARTA -- Musim kemarau panjang di indonesia memiliki dampak terhadap penurunan debit air baku. Kepala Divisi Komunikasi dan Pertanggung Jawaban Sosial PT PAM...