Wednesday, 24 Syawwal 1435 / 20 August 2014
find us on : 
  Login |  Register

Wajah Mulus Bebas Jerawat, Ini 9 Jurus Ampuhnya

Thursday, 23 August 2012, 10:08 WIB
Komentar : 1
corbis.com
Jerawat/Ilustrasi
Jerawat/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Jerawat memang bikin bete. Tak hanya mengganggu keindahan kulit wajah, jerawat juga bisa sekali menurunkan rasa percaya diri. Nah, jangan mau kalah dengan jerawat.

Berikut adalah sembilan tips berguna untuk mencegah jerawat:

Madu
Cairan manis ini memiliki banyak khasiat penyembuhan dan pembersihan. Pori-pori wajah dapat dibuka dengan mencuci wajah dengan air dan mengoleskan madu setelahnya. Setelah madu dioleskan tunggu selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Wajah kemudian dibilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka.

Cuci wajah
Setidaknya dua kali sehari di pagi hari dan sebelum tidur. Cuci lebih sering pada musim panas untuk mencegah minyak terakumulasi pada wajah. Dianjurkan mencuci wajah dengan air hangat sebelum menerapkan sabun karena air hangat membuka pori-pori di kulit sehingga memungkinkan penetrasi sabun yang mendalam pada kulit.

Jangan gunakan sabun tubuh pada wajah karena dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat. Setelah menggunakan sabun, wajah harus dibilas menggunakan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.

Toning wajah
Kebanyakan orang lupa memberikan toning pada wajah. Toning penting untuk membersihkan sisa pembersih wajah.

Pelembab
Berikan pelembab pada wajah. Orang dengan kulit berminyak harus menggunakan pelembab bebas minyak. Sedangkan orang yang memiliki kulit kering harus menggunakan krim dengan pelembab ekstra.

Santap buah
Perbanyak makan buah-buahan segar, serta suplemen vitamin, kromium, dan zinc (seng) jika diperlukan.

Pilih make up
Hindari memakai make-up tebal, terutama pada remaja. Pilih make-up yang berbahan dasar/berpelarut air, alih-alih berpelarut minyak.

Banyak minum
Minum sedikitnya 10 gelas air sehari. Air adalah pembersih terbaik karena membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Hindari produk minyak
Jangan menggunakan produk minyak seperti minyak rambut atau hair spray pada rambut Anda. Saat rambut mengenai wajah, minyak akan ikut tertransfer ke wajah dan bisa menimbulkan jerawat.

Jangan dipencet
Jangan memencet jerawat. Selain proses penyembuhan jerawat menjadi lebih lama, tindakan ini hanya akan meninggalkan bekas permanen pada wajah.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : oketips.com
Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan mengubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri, (( QS.An Anfaal 8 : 53 ))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar