Selasa 14 Aug 2012 21:46 WIB

Cukup Air Mineral untuk Sembuhkan Sakit Kepala

Minum
Minum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Lain kali jika Anda menderita sakit kepala, jangan tergantung pada obat pereda sakit, cukuplah dengan minum segelas besar air mineral, demikian Daily Mail dalam laman resminya, Selasa (14/8). 

Minum air putih secara teratur tiap hari terbukti dapar mengurangi rangkaian sakit kepala dan migren, selain juga bisa mengurangi ketergantungan obat-obatan dalam bentuk tablet. Beberapa peneliti menyatakan minum tujuh gelas air mineral dalam sehari terbukti bisa mengurangi sakit dan meningkatkan kualitas hidup pasien penderita sakit kepala. 

Peneliti dari Universitas Maastricht, Belanda, membuktikan pada 2005 lalu bahwa penderita migren yang rutin meminum air mineral bisa memulihkan sakit kepala migrennya lebih cepat.  

Ketua Peneliti Dr Mark Spigt dan timnya meneliti lebih dari 100 pasien penderita sakit kepala akut.  Mereka diajari bagaimana menghilangkan ketidaknyamanan seperti mengurangi stress, kurang tidur dan menghindari kafein dalam kopi. 

Setengah dari mereka disuruh meminum air mineral 1,5 liter dalam sehari selama tiga bulan, melebihi asupan cairan normal dalam tubuh. 

Pada akhir masa penelitian, pasien mengisi form kuesoner Indeks Kualitas Hidup Migren untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Hasilnya, pasien yang meminum air mineral lebih banyak berhasil mengurangi tensi sakit kepala mereka. 

"Pasien penderita sakit kepala akut menemukan manfaat lebih banyak dari meminum air mineral, dan rasanya masuk akal jika mereka disarankan meminum air mineral untuk jangka waktu tertentu gunamelihat hasilnya," kata Dr Mark. 

Ahli penyakit migren Dr. Fayyaz Ahmed mengatakan manfaat minum air itu seperti efek plasebo. "Tapi minum air mineral secara rutin juga bisa mengurangi dehidrasi sehingga banyak orang merasa tubuhnya lebih sehat," kata dia. 

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement