Monday, 2 Safar 1436 / 24 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Teh dan Kopi Bisa Kurangi Jatah Kalsium

Friday, 03 August 2012, 14:01 WIB
Komentar : 1
kombuchakamp.com
Teh. (Ilustrasi)
Teh. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Teh dan kopi sebaiknya tidak diminum pada saat sedang makan, karena dapat mengurangi jatah kalsium yang seharusnya diserap usus, kata dokter spesialis gizi klinik dari FKUI, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK.

"Hal ini disebabkan oleh efek kafein yang terkandung di dalam teh dan kopi, sehingga tubuh tidak bisa menyerap banyak kalsium," ujar Fiastuti sebelum memberikan paparan mengenai nutrisi buah di Jakarta, Kamis.

Kafein yang terkandung dalam teh dan kopi menghalangi penyerapan kalsium dan mineral di usus, sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium yang seharusnya imbang dengan kandungan kalsium dalam makanannya, jelas Fiastuti.

Fiastuti melanjutkan, hal ini menyebabkan kalsium keluar lebih banyak daripada yang seharusnya dan dikeluarkan lewat urin. "Jatah untuk tubuh menjadi berkurang dari yang seharusnya diserap," pungkas dia.

Sementara itu, untuk mengimbangi kalsium yang terbuang, Fiastuti mengimbau agar asupan makanan tinggi kalsium terus dikonsumsi.

"Tidak hanya susu, tapi ikan, sayuran hijau, kacang kedelai, tahu dan tempe, merupakan makanan kaya kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh, untuk menjaga kesehatan tulang," demikian Fiastuti.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2[:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Baru 10 Persen Tergarap, Wisata Lombok Masih Kalah Dari Bali
JAKARTA -- Lombok memang sudah menjadi destinasi wisata tersohor di Indonesia. Akan tetapi Lombok masih kalah tenar dengan tempat wisata yang ada di...