Jumat 08 Nov 2013 16:58 WIB

5 Manfaat Oatmeal untuk Kecantikan

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Oatmeal/havermut
Foto: sheknows.com
Oatmeal/havermut

REPUBLIKA.CO.ID, Semangkuk oatmeal atau gandum bisa menjadi salah satu teman sarapan pagi yang lezat dan bergizi. Tapi tahukah Anda oatmeal juga bermanfaat dalam kecantikan? Penggunaan gandum dalam perawatan kulit telah tercatat sejak 2000 SM.

Seperti yang dilansir dari huffingtonpost.com, Susan Stuart seorang ahli kulit mengatakan, oatmeal mengandung anti-inflamasi dan antioksidan yang baik dengan demikian sangat ideal untuk kulit sensitif dan untuk mengobati berbagai gangguan kulit. Berikut adalah lima cara memanfaatkan oatmeal untuk kecantikan:

1. Berendam dengan campuran oatmeal

Agar mandi benar-benar terasa santai, tuangkan secangkir oatmeal polos ke dalam bak mandi Anda. Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak lavender atau sejumput lavender kering. Rendam tubuh Anda selama 15 sampai 30 menit. Oatmeal akan membersihkan dan menjaga kelembaban kulit Anda, sedangkan lavender dapat menenangkan.

 

2. Obat gatal

Menurut American Academy of Dermatology, “gatal-gatal, kulit kering seringkali dikarenakan tingkat pH kulit yang tinggi, oatmeal dapat membantu menormalkan pH kulit Anda, yang dapat meredakan gatal dan ketidaknyamanan kulit. 

 

3. Perawatan Eksfoliasi

Eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus menggunakan scrub yang dapat membuat kulit merah dan kasar. Coba buat ramuan sendiri dengan  mencampurkan koloid oatmeal, minyak kelapa, gula merah dan air hangat. 

 

4. Sampo kering

Oatmeal tidak hanya memberi keajaiban pada kulit tubuh, juga dapat membantu mengurangi penampilan rambut yang kotor. Anda bisa menjadikan oatmeal sebagai sampo untuk menyerap minyak berlebih dan mengurangi gatal di kulit kepala. 

 

5. Pencuci muka

Oatmeal mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai saponin yang bersifat sebagai pembersih yang mendalam atau kuat. Oatmeal dapat digunakan sebagai masker wajah, pembersih atau sabun untuk setiap jenis kulit, terutama kulit sensitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement