Sabtu 10 Oct 2015 07:41 WIB

Manfaat Oatmeal Bagi Tubuh

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Oatmeal (Ilustrasi)
Foto: Google
Oatmeal (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sereal oatmeal sangat bermanfaat bagi tubuh. Tak hanya bagi pelaku diet, namun juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, jantung dan juga stroke.

 

Untuk itu dr Inge Permadi MS SpGK, mengungkapkan beberapa manfaat lain dari mengkonsumsi sereal oatmeal bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah ulasannya:

 

Menurunkan kolesterol

Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya serat larut. Serat larut dapat menghambat tubuh dalam penyerapan Kolesterol LDL. Satu cangkir dan setengah oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat, yang cukup untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

 

Mengurangi risiko hipertensi

Wanita yang sudah mengalami menopause cenderung beresiko terkena penyakit hipertensi (darah tinggi). Untuk itu, para pakar kesehatan umumnya menyarakan agar mereka mengkonsumsi oatmeal setidaknya enam porsi setiap minggunya.

 

Tinggi antioksidan

Oatmeal mengandung tipe khusus dari antioksidan yang disebut avenanthramide. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menyerang HDL (kolesterol baik).

 

Mencegah pengerasan arteri

Avenanthramides tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini juga mampu mencegah arteri dari pengerasan. Avenanthramides bekerja dengan menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri.

Meningkatkan imunitas tubuh

Oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta-gluten serat. Serat ini mampu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dan juga menaikan sistem imunitas.

 

Mencegah obesitas

Karena oatmeal sangat kaya akan serat, hal tersebut akan membuat perut terasa lebih penuh dan terasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Merasa penuh untuk jangka waktu yang lebih lama, juga akan mencegah kebutuhan tubuh untuk mengkonsumsi camilan makanan manis atau asin sepanjang hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement