Sabtu, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Tes HIV di Rumah? AS akan Punya Alatnya

Rabu, 04 Juli 2012, 08:48 WIB
Komentar : 1
AP
Cara melakukan tes mandiri infeksi HIV di rumah.
Cara melakukan tes mandiri infeksi HIV di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON (AP) — Kini bukan hanya tes kehamilan saja yang bisa dilakukan di rumah. Warga Amerika Serikat (AS) akan bisa melakukan tes mandiri untuk HIV, virus penyebab AIDS. Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (Food and Drug Administration-FDA) sudah mengizinkan alat tes tersebut guna pencegahan HIV.

Alat tes yang bernama OraQuick itu mendeteksi keberadaan antibodi HIV dengan mengusap mulut permukaan mulut bagian dalam. Hasilnya, dapat diketahui dalam waktu 20-40 menit.

Pejabat peerintah memperkirakan sekitar 240 ribu orang atau seperlima dari 1,2 juta orang menderita HIV di AS yang tidak menyadari mereka sudah terinfeksi. Tes ini sebagai salah satu cara memperlambat munculnya kasus infeksi baru yang diperkirakan mencapai 50 ribu kasus tiap tahunnya dalam dua dekade ini.

FDA mengatakan, tes ini dirancang untuk orang yang tidak punya cara lain untuk mendapatkan uji infeksi ini. "Ketersediaan alat tes mandiri ini sebagai pilihan lain untuk mendapatkan uji infeksi, jadi, mereka bisa mendapatkan pengobatan medis jika dibutuhkan," kata Dr Karen Midthun, direktur Pusat Evaluasi dan Riset Biologik FDA, seperti dilansir AP, Rabu (4/7).

Orasure, pihak yang memproduksi alat tes itu berencana mulai menjualnya pada Oktober, baik lewat jalur online, maupun ritel, seperti di Walgreens, CVS, dan Walmart. Harganya belum dipastikan, tapi diharapkan harga konsumennya tak lebh dari 60 dolar AS, tapi dijual di tingkat profesi kesehatan, bisa mencapai 17,50 dolar AS. CEO perusahaan itu, Doug Michels mengatakan, kenaikan harga alat tersebut digunakan untuk membayar call center gratis sebagai wadah konseling dan pemandu medis untuk para pengguna alat tes itu.

Redaktur : Dewi Mardiani
Sumber : AP
Sesungguhnya seorang pemimpin itu merupakan perisai, rakyat akan berperang di belakang serta berlindung dengannya. Bila ia memerintah untuk takwa kepada Allah azza wa jalla serta bertindak adil, maka ia akan memperoleh pahala. Namun bila ia memerintah dengan selainnya, maka ia akan mendapatkan akibatnya.(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Soal DPR Tandingan, Ketua DPD:Tunjukkan Semangat Merah Putih untuk Indonesia Hebat
JAKARTA -- Koalisi Indonesia Hebat (KIH) membentuk DPR tandingan. Kepada wartawan, Jumat (31/10) ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman turut prihatin. Ia...