Sabtu, 29 Muharram 1436 / 22 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bukan Malas, Tidur Siang itu Sehat Plus Ada Kiatnya

Rabu, 04 Juli 2012, 04:03 WIB
Komentar : 2
boingboing.net
Dua pekerja tengah tidur siang di atas tumpukan karung (ilustrasi)
Dua pekerja tengah tidur siang di atas tumpukan karung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA - Pendapat para pakar kesehatan dan dokter didukung riset menyebutkan tidur siang memberi manfaat baik. Salah satunya memperbaiki mood dan mendongkrak kinerja otak.

Namun tidur siang pun ada resepnya. Bila anda tipe orang pagi, maka waktu terbaik untuk tidur siang ialah sekitar pukul 1 atau 1.30 siang. Tapi bila anda tipe burung hantu yang gemar begadang, tidur siang beberapa jam kemudian, sekitar pukul 2.30 atau pukul tiga sore.

Durasi terbaik ialah dibawah 45 menit, atau 90 hingga 120 menit. Diluar itu, tidur siang justru bisa membuat anda kehilangan fokus.

Tidur siang tak berarti malas. Dalam studi NASA disebutkan tidur dalam penerbangan bisa meningkatkan performa kerja lanjutan hingga 34 persen dan kewaspadaan hingga 54 persen.

Tips menarik lain, terutama bagi penggemar kopi, untuk memastikan anda produktif usai tidur siang, minumlah secangkir kopi sebelum merebahkan diri. Efek tendangan kopi bekerja sekitar 20-30 menit usai memasuki tubuh.

Satu lagi, tak ada tidur siang yang terlalu pendek. Studi mengenai tidur siang yang dirilis 2008, menyebutkan tidur siang dalam beberapa menit sekalipun bisa memberi keuntungan besar. Salah satunya menurunkan tekanan darah.

Catat pula saran para pakar, durasi terbaik untuk tidur siang ternyata tidak lama, cukup 10 menit.

Untuk yang membutuhkan gambaran manfaat tidur siang, berikut rangkuman jelasnya.

  • Tidur siang meningkatkan kewaspadaan dan kinerja dalam bekerja
  • Aktiivitas ini juga mendongkrak kemampuan menyerap dan belajar
  • 'Molor' sejenak di siang hari juga membantu mereduksi emosi negatif dan memoles emosi positif

Secara keseluruhan tidur memberi manfaat karena

  • Kondisi lelah membuat seseorang kian sulit berbahagia
  • Kurang tidur = gampang sakit-sakitan
  • Tidurlah' bisa meningkatkan kemampuan membuat keputusan
  • Kurang tidur bisa membuat seseorang cenderung berperilaku tidak etis
  • Kecantikan tidur itu ada, bukan mitos.


Ngantuk di siang hari? Jangan ragu pejamkan mata anda.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : healthtips.com
Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah((HR Tirmidzi))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menata Rambut dengan Kacamata Pintar
NEW YORK -- Tutorial penataan rambut banyak diunggah ke situs-situs video seperti YouTube. Tetapi salon di New York baru-baru ini menguji coba metode...