Selasa 03 Jul 2012 11:08 WIB

Bebas Stres Berkat Makanan, Begini Kiatnya

Rep: indira rezkisari/ Red: Endah Hapsari
Sayuran
Sayuran

REPUBLIKA.CO.ID, Stres? Ada cara mudah untuk meredakan stres. Apalagi, untuk kaum perempuan, ada beberapa makanan yang dapat dengan cepat menjadi 'sasaran' saat stres. Sebut saja seperti cokelat, es krim, cake, juga junk food.

Padahal makanan yang mengandung lebih banyak pengawet, gula, dan lemak jenuh itu justru dapat menyebabkan penurunan fungsi otak dan memicu depresi. ''Penelitian banyak membuktikan kalau makanan tertentu dapat menghilangkan stres dan meningkatkan mood,'' tutur dr Sonia Wibisono.

Cokelat, misalnya, memang mengandung zat yang berfungsi mengangkat perasaan hingga membuat hati senang. Tetapi, rata-rata cokelat yang ada di pasaran sudah dibubuhi dengan banyak campuran seperti gula.

Menurut dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu, untuk meredam ketegangan perlu memilih jenis makanan yang membakar energi secara perlahan. Makanan tersebut memberi pasokan energi bagi tubuh dalam waktu panjang dan membuat tidak mudah lapar.

Makanan jenis ini adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Yaitu nasi beras merah, pasta dan roti dari gandum, biji-bijian, dan kentang. ''Pasta untuk makan siang membuat lebih melek, lain dengan nasi yang bikin ngantuk,'' jelas Sonia.

Buah dan sayur yang kaya antioksidan juga bisa menguatkan sistem pertahanan tubuh agar tidak mudah diserang stres. Buah pasalnya menyediakan energi yang stabil untuk tubuh. Sonia menyarankan memakan buah segar di pagi hari agar antioksidan dalam darah meningkat.

Memasak sayur pun tidak perlu yang repot. Tumis bawang putih bersama cabai merah kering yang dicincang hingga harum. Masukkan brokoli, kecap Inggris, garam, dan minyak wijen. Setelah brokoli matang, angkat. Selain mengandung antioksidan, brokoli kaya akan mineral yang bermanfaat mempertahankan kadar gula darah. Menumis sayur juga lebih baik ketimbang merebusnya. Kandungan vitamin pada sayur yang diproses sebentar, otomatis lebih tinggi.

Makanan yang berkalsium tinggi juga sangat berguna membantu mengurangi ketegangan. Makanan itu bisa didapat dari susu rendah lemak, yogurt, tahu, keju rendah lemak, wijen, biji bunga matahari, dan sayuran berwarna hijau gelap. Supaya sistem saraf bekerja dengan baik, cari makanan bervitamin B kompleks. Fungsinya menjaga sistem pencernaan dan membantu pelepasan energi dari sel tubuh yang dibutuhkan ketika stres menghadang.

Paprika adalah salah satu sumber vitamin B kompleks. Coba tambahkan paprika dalam telur dadar atau ketika menumis ayam. Sonia menjelaskan paprika bermanfaat mengurangi nafsu makan. ''Cocok buat yang sedang diet,'' kata dia. Sekaligus berguna mencegah serangan jantung dan stroke.

Sonia mengingatkan pula pentingnya magnesium bagi tubuh. Stres terkadang mampu memicu terjadinya kram otot pada tubuh yang kekurangan magnesium. Sayuran hijau dan sereal gandum adalah sumber magnesium. Imunitas tubuh pun perlu dijaga karena stres dapat menyebabkan penurunan ketahanan tubuh.

''Makan kerang, daging merah, kuning telur, gandum, biji bunga matahari, dan kacang-kacangan untuk mengatasi kekurangan zat besi,'' paparnya.

Kekurangan zat besi berdampak pada terjadinya depresi, kelelahan, kurang energi, kurang nafsu makan, dan anemia. ''Stres bisa diatasi dengan memilih makanan yang baik,'' tegas Sonia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement