Sabtu 30 Jun 2012 09:04 WIB

Kulit Mulus Berkat Kopi, Begini Caranya

Kopi
Kopi

REPUBLIKA.CO.ID,Kopi memiliki banyak manfaat, tidak sebatas sebagai minuman pengusir rasa kantuk. Kopi juga bisa dipakai sebagai lulur. Fungsinya selain menghaluskan kulit juga menenangkan dan penghilang stres.

Kandungan kafein di dalamnya mampu menstimulasi pusat saraf pada tubuh manusia melalui zat proaktifnya untuk menghilangkan kantuk.

Kopi juga memberikan manfaat yang baik jika dipakai untuk luluran. Kandungan kafein yang terdapat di dalam bubuk kopi dapat mengangkat sel kulit mati, memperbaiki jaringan kulit yang meradang sehingga kulit akan kembali lembut dan kencang. Kopi juga memiliki kandungan vitamin E sehingga mampu menutrisi kulit dengan baik saat dioleskan pada tubuh.

Selain itu, penduduk di India senang menggunakan kopi sebagai lulur karena kopi dipercaya mampu menghilangkan pegal-pegal dan dapat melangsingkan tubuh jika dipakai secara rutin.

Dikutip dari ciricara.com, berikut ini manfaat yang dapat diambil dari penggunaan lulur kopi

  1. Menghaluskan kulit dengan memperkecil pori-pori kulit yang membesar.
  2. Memberi nutrisi lebih pada kulit sehingga kulit akan tampak lembut dan tidak kering.
  3. Menjaga kelembaban kulit.
  4. Menjaga elastisitas pada kulit sehingga kekencangan kulit lebih terjaga.
  5. Mencerahkan kulit karena lulur kopi mengangkat sel kulit mati dan kotoran-kotoran yang menutupi pori-pori kulit.
  6. Aroma yang dihasilkan kopi dapat membantu menghilangkan bau badan.
  7. Melangsingkan tubuh dan membantu menghilangkan selulit yang tampak pada kulit.
  8. Mengurangi munculnya jerawat pada wajah serta dapat menghilangkan bekas hitam pada wajah karena sinar matahari ataupun bekas jerawat.

Lulur kopi ini sangat mudah untuk diracik. Perbandingan yang baik untuk membuat lulur kopi yang berkhasiat adalah 1:2. Jadi, 1 sendok makan bubuk kopi hitam (tanpa campuran gula dan susu, atau moka di dalamnya), dicampur dengan 2 sendok makan air mendidih.

Tunggu sampai air menjadi sedikit hangat lalu campurkan minyak zaitun dan madu ke dalamnya. Aduk hingga merata, dan mulailah balurkan ramuan tersebut ke seluruh bagian tubuh yang dirasa memiliki kulit kasar atau tidak sehat. Tunggu hingga 20 menit, barulah Anda mandi untuk membersihkan sisa-sisa lulur kopi tersebut.

Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah lulur ini 2x dalam satu minggu. Anda bisa mencobanya jika Anda penasaran dengan semua khasiat yang tertulis di atas.

 

 

sumber : rumahbacaonline.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement