Sabtu 23 Jun 2012 10:36 WIB

Berapa Sih Usia Ideal untuk Dikhitan?

Rep: Gita Amanda/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Pisau Khitan (ilustrasi)
Pisau Khitan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Khitan merupakan kewajiban bagi semua pria muslim. Umumnya di masyarakat, Khitan dilakukan ketika anak lelaki masuk usia sekolah dasar.

Kebanyakan orangtua menunggu usia ideal pada anak untuk melakukan khitan. Padahal, menurut dr. Taka Budaya M.Kes dari LKC Dompet Dhuafa, khitan idealnya dilakukan pada usia balita.

" Semakin muda usia anak melakukan khitan semakin baik. Idealnya pada usia delapan hari hingga satu tahun," kata dr. Taka saat ditemui disela-sela acara Khitanan Massal yang diselenggarakan Yayasan Qurrata A'yun, Sabtu (23/6).

Sebab menurut dr. Taka, semakin muda usia untuk melakukan khitan maka semakin sedikit darah yang dikeluarkan. Namun, menurut dia banyak orangtua yang terlalu khawatir dengan anak mereka. Sehinggga jarang ada yang melakukan sunat pada anaknya di usia tersebut.

Padahal menurut dr. Taka, saat ini sudah banyak teknologi canggih untuk melakukan khitan. Ia menegaskan, sebaiknya mindset masyarakat diubah mengenai waktu untuk melakukan khitan. Semakin muda, semakin baik bagi anak untuk melakukan khitan. Namun, menurutnya tak ada batasan usia maksimal untuk melakukan khitan.

"Semakin muda usia, semakin sedikit pembuluh darahnya. Selain itu juga anak belum banyak mengkonsumsi berbagai makanan 'aneh'. Jadi baik untuk melakukan khitan," ujar dr. Taka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement