Sabtu 16 Jun 2012 03:11 WIB

Orang yang Bangun Pagi akan Lebih Bahagia

Rep: Gita Amanda/ Red: Dewi Mardiani
Tidur (Ilustrasi)
Tidur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO-- Penelitian terbaru menemukan, orang yang biasa bangun pagi lebih bahagia. Sebab mereka akan lebih dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial, dan apa yang mereka butuhkan dalam hidup dapat lebih terpenuhi.

Para ilmuwan dari Universitas Toronto menerbitkan sebuah jurnal mengenai kaitan emosi, usia, dan waktu bangun pagi. Laporan yang dilansir Female First itu menunjukan, banyak orang menghabiskan waktu di malam hari saat mereka muda. Akibatnya, ketika tua mereka lebih sulit bangun pagi.

Menurut pemimpin studi Renee Biss, temuan menunjukan orang tua yang bangun pagi akan lebih memiliki energi dan perasaan positif. Bahkan penelitian menemukan, remaja dengan 'tipe pagi' lebih bahagia dari rekan mereka yang merupakan 'tipe malam'.

Studi menyarankan, orang dewasa untuk lebih sering bangun pagi. Sebab, emosi positif akan lebih mereka dapatkan saat bangun pagi. Para peneliti menemukan, bangun lebih awal umumnya lebih bahagia. Sebab kebutuhan hidup mereka pun akan lebih terpenuhi. Mereka juga lebih mudah beradaptasi dengan 'jadwal' kehidupan.

Menurut para peneliti, orang dengan 'tipe malam' akan lebih rentan terhadap 'jet lag' sosial. Sebab jam biologis mereka tidak sinkron dengan jam sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement