Jumat 01 Jun 2012 23:40 WIB

2030, Kasus Kanker Meningkat 75 Persen

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Heri Ruslan
Riset kanker di sebuah laboratorium (ilustrasi)
Foto: elearningmag.com
Riset kanker di sebuah laboratorium (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jumlah kasus kanker di dunia diproyeksikan akan meningkat 75 persen pada tahun 2030. Pertumbuhan populasi dan semakin banyaknya negara-negara yang mengadopsi pola hidup Barat dinilai sebagai faktor penyebabnya.

Peneliti dari John Hopkins Bloomberg School, John Groopman, mengatakan, sejumlah studi bahkan memperkirakan jumlah penderita kanker di sebagian negara miskin akan meningkat lebih dari 90 persen dua dekade mendatang.

Semakin majunya teknologi medis dalam penanganan beberapa penyakit akibat infeksi seperti malaria atau AIDS juga menjadi faktor pendorong. Sebab, hal tersebut turut menambah angka harapan hidup manusia. "Sementara kanker sangat berkaitan dengan penuaan," kata dia seperti dikutip AP.

Hal senada dikatakan peneliti dari International Agency for Research on Cancer (IARC) Freddie Bray. Penelitian yang dilakukannya menyebutkan akan ada 222 juta kasus kanker baru di 184 negara pada tahun 2030. Jumlah itu meningkat tajam dari 12,7 juta kasus pada tahun 2008 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement