Selasa 29 May 2012 09:04 WIB

Ogah Jet Lag, Ini Dia Jurusnya (1)

Minyak lavender
Foto: minmit.com
Minyak lavender

REPUBLIKA.CO.ID, Penerbangan menuju belahan dunia lain yang punya perbedaan zona waktu dengan negeri sendiri kerap memicu jetlag. Apalagi, jika kita juga kerap mengalami insomnia. Berikut adalah tips untuk menghindari jetlag. Mungkin saja, ini tidak akan efektif untuk semua orang, tetapi ini akan mencegah Anda terus-menerus menguap sepanjang perjalanan.

Melatonin

Ini adalah hormon alami yang dijual sebagai suplemen. Hormon ini akan mengatur siklus jam tidur tubuh. Dari sejumlah hasil riset terbukti bahwa mengonsumsi melatonin akan membantu mengurangi jet lag.

Para ahli menyarankan agar konsumsi melatonin dilakukan di malam hari ketika mulai bepergian dan beberapa hari setelah itu. Ada juga yang menyarankan, untuk mereka yang bepergian ke arah timur, disarankan untuk mengonsumsi di malam hari selama beberapa hari sebelum terbang.

Minyak lavender

Minyak ini terbukti membuat tidur lebih mudah. Dari hasil studi 2005 diketahui, lavender bisa membantu tidur lebih nyenyak dan kita akan bangun lebih segar esok hari. Ada yang menyarankan untuk meneteskan sedikit minyak lavender ke bantal hotel agar aromanya membuat rileks tubuh.

Pycnogenol

Ini adalah suplemen tambahan yang membantu mengurangi gejala jet lag. Suplemen disebut-sebut diambil dari ekstrak kayu pinus Prancis. Disarankan agar mengonsumsi sekitar 50 miligram Pcycnogenol tiga kali sehari selama sepekan yang dimulai sekitar dua hari sebleum terbang. Suplemen ini juga dikatakan punya dampak yang lebih rendah ketimbang plasebo. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ini.

sumber : health.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement