Rabu 23 May 2012 10:31 WIB

Ingin Langsing? Gampang, Makan Teratur Saja

Pola makan teratur dengan menu sehat (ilustrasi)
Foto: dietplantips.com
Pola makan teratur dengan menu sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kebanyakan orang menghindari makan dengan porsi banyak karena takut kegemukan, namun ternyata sebuah penelitian terbaru mendapati bahwa orang akan tetap langsing bila makan sesuai jadwal.

Seperti dikutip dari laman Eurekalert.com, para peneliti menguji tikus laboratorium dengan pengkondisian yang berbeda. Kelompok pertama adalah tikus yang diberi makanan tinggi lemak--tinggi kalori--dan makan kapan saja mereka suka. Sementara kelompok kedua adalah tikus yang diberi menu serupa tapi makan hanya di jam-jam tertentu--makan hanya dalam durasi masa delapan jam.

Tikus di kelompok pertama mengalami kenaikan berat badan. Sementara kelompok kedua? Berat badan mereka stabil. "(Itu karena) Setiap organ punya jamnya sendiri-sendiri," kata peneliti Satchidananda Panda dari Salk Institute for Biological Studies, La Jolla, Amerika Serikat.

Dengan kata lain, organ tubuh kita seperti hati, usus, dan otot ada periode puncak efisiensinya--ada pula saat-saat di mana organ tubuh kita tidur, kata Panda.

Jam organ ini adalah kunci dari siklus metabolisme tubuh, kita harus mengetahui bahwa organ tidak bekerja 24 jam sehari mengolah kolesterol, protein, karbohidrat, dan energi. Bila tikus atau manusia makan tanpa jadwal yang teratur pada malam dan siang hari, hal ini akan membuat siklus metabolisme kacau, ujar Panda.

Penelitian selama 18 pekan yang dipublikasikan di jurnal Cell Metabolism ini menyimpulkan bahwa makan secara teratur dapat mengurangi peluang naik berat badan hingga 28 persen. Tak cuma itu, makan secara teratur juga mengurangi kemungkinan kerusakan organ hati.

sumber : rumahbacaonline.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement