Sabtu 28 Apr 2012 16:13 WIB

Health Tourism Layak Dikembangkan di Yogyakarta

Rep: neni ridarineni/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA - Di Yogyakarta dapat dikembangkan health tourism (HT) karena di Yogyakarta banyak tempat wisata dan berbagai atraksi untuk turis, pengobatan tradisional dan komplementer serta rumah sakit  berkualitas internasional.

Hal itu dikemukakan Staf Ahli Menteri kesehatan bidang Pembiayaan dan Pemberdayaan Masyarakat Untung Suseno Sutarjo pada acara Identifikasi Sarana dan Prasarana dalam rangka Pengembangan "Health Tourism" yang diselenggarakan RSUP Dr Sardjito, di Gedung Diklat RSUP Dr Sardjito, Sabtu (28/4).

Dikatakan dia, HT merupakan bagian program pemerintah kerjasama antara kementerian kesehatan dengan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mempromosikan Indonesia. HT ini bisa berobat dan bisa juga  menjaga kesehatan. Tourism adalah perpindahan orang dari satu tempat ke tempat lain dan berdiam di tempat tersebut minimal 12 jam.

HT sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun  4000 sebelum masehi . ''Setiap ada sumber air panas banyak orang berkumpul dan ada anggapan bila berendam di sumber air panas emua penyakit akan hilang dan bisa menyehatkan,''ungkap dia.

Pada abad ke-20 karena sistem pelayanan kesehatan yang baik, beban pelayanan yang mahal, karena terjadi krisis moneter orang mulai mencari pelayanan kesehatan di negara lain yang murah.  Mulailah berkembang HT untuk orang asing seperti di negara Singapura, Thailand dan India.

SPA dan pengobatan tradisional merupakan salah satu bagian dari HT. Spa Indonesia terutama di Bali terkenal sebagai SPA terbesar di dunia.  SPA Ini merupakan salah satu  HT yang dapat dikembangkan di Indonesia.    

Kalau di luar negeri seperti India, pemerintahnya sudah mendukung HT, misalnya ada turis yang akan berobat di India akan mendapat fasilitas pesawat dengan mendapat diskon 20 persen. Demikian pula di Thailand bila ada orang asing yang berobat di sana dan harus rawat inap, maka untuk perpanjangan visa bisa dilakukan di rumah sakit, jelas dia.

Persyaratan untuk pengembangan HT antara lain: ada fasilitas kesehatan yang berkelas dunia, pemilihan layanan seperti kecantikan, kebugaran , pengobatan, jangan sampai memberikan layanan yang buruk, SDMnya selalu ada di tempat, ada sistem asuransi internasional, ada fasilitas untuk pengaduan, ada jaringan pelayanan di luar negeri, ada konsistensi dari pengelola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement