Selasa 24 Apr 2012 03:07 WIB

Mau Keluar Negeri? Waspadai Penyakit Endemisnya

Rep: Agung Sasongko/ Red: Dewi Mardiani
Vaksin adalah salah satu cara mencegah wabah penyakit.
Foto: Antara
Vaksin adalah salah satu cara mencegah wabah penyakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Waspada bagi anda yang hendak keluar negeri, utamanya yang bertujuan negara-negara berkembang. Sebab, di setiap negara yang dituju, terdapat penyakit endemis yang beresiko dapat membahayakan kesehatan.

Menurut ketua Satgas Imunisasi Dewasa, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi SpPD-KAI, setiap negara, bahkan Indonesia memiliki penyakit endemis yang bila tidak diperhatikan dapat membahayakan kesehatan. Sebagai contoh saja, Afrika Selatan. Negara ini memiliki penyakin endemis berupa Yellow Fever atau demam kuning, sejenis penyakit yang demam akut yang selanjutnya menyerang organ hati.

"Kalau kita tidak punya daya tahan tubuh yang prima, maka mudah terkena. Maka, sebelum berangkat kita perlu diberi vaksin ini," kata dia.

Demikian pula, ketika warga negara asing tengah mengunjungi Indonesia. Biasanya, mereka segera menghubungi departemen kesehatan atau jaringan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk selanjutnya diberikan vaksin. Biasanya oleh pemerintah bersangkutan, mereka diberikan vaksin hepatitis, tifus dan lainnya. "Kalau ada vaksin malaria mungkin mereka akan diberikan vaksin itu," paparnya.

Karena itu, menurut Samsuridjal, masyarakat Indonesia yang hendak bepergian ke luar negeri untuk mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk kemungkinan akan penyakit endemis di negara tujuan. Seperti, di vaksin, siapkan obat-obatan, seperti antibiotik dan vitamin. "Yang terpenting lagi adalah jaga kebugaran tubuh," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement