Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Waspadai Bahan Pengawet dalam Makanan, Ini Dia Salah Satunya

Rabu 18 April 2012 12:09 WIB

Rep: nina chairani/ Red: Endah Hapsari

Makanan dalam kemasan/ilustrasi

Makanan dalam kemasan/ilustrasi

Foto: made-in-china.com

REPUBLIKA.CO.ID, Mari kita meneliti tabel komposisi (ingredient) pada makanan. Cermati bahan-bahan apa yang masuk ke dalam perut kita. Satu di antaranya adalah natrium benzoat.

Apa itu? Natrium benzoat  (C7H5NaO2) sejatinya termasuk bahan pengawet buatan. Fungsinya pada makanan adalah untuk mencegah jamur.

Senyawa benzoat secara alami dapat kita temukan  pada apel, cengkih, dan kayu manis. Sebagai bahan pengawet buatan kita temukan pada berbagai produk makanan dan minuman yang berasal dari buah-buahan. Misalnya, dressing, jus buah, kecap, margarin, mentega, minuman ringan, sambal, saus tomat, dan selai.

Bagaimana pengaruhnya? Natrium benzoat bukan termasuk bahan yang bisa digunakan bebas besarannya. Namun, ada ketetapan batas penggunaan hariannya untuk melindungi kesehatan konsumen. Aturan pemakaian natrium benzoat adalah 0,05 persen – 0,10 persen (500-1.000 ppm).

Jika digunakan lebih dari 0,1 persen, ia akan meninggalkan rasa tertentu di mulut. Natrium benzoat, seperti bahan pengawet buatan lainnya, meski bukan masuk kategori racun, sebaiknya digunakan secara tidak berlebihan. Bila memungkinkan, hindari penggunaan bahan pengawet buatan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA