Kamis, 6 Muharram 1436 / 30 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Waspadai Limbung, Jangan Paksakan Beraktivitas

Senin, 16 April 2012, 22:07 WIB
Komentar : 1
RF Photo
Pandangan kabur dan tidak jelas akibat limbung dan penurunan kesadaran (ilustrasi)
Pandangan kabur dan tidak jelas akibat limbung dan penurunan kesadaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepala melayang merupakan tanda tubuh anda lemah, dan kesadaran menurun, rasanya tak mengenakkan seperti anda hendak pergi dari dunia. Gejala ini kadang terjadi cepat, tergantung penyebab, kadang bila parah disertai berkeringat, mual, muntah, dan pandangan kabur.
 
Bila itu terjadi, jangan memaksa diri melakukan aktivitas. Duduk dan berbaringlah sesaat cukup efektif untuk meredakan terutama bila limbung disebabkan sikap tubuh berdiri tiba-tiba.
 
Limbung dan bergelenyar ialah keluhan umum yang sering kali bisa disembuhkan saat pasien mendatangi dokter atau klinik kesehatan. Seringkali keluhan ini memang tidak memiliki penyebab mendesak yang harus diatasi. 
 
Hanya saja ketika keluhan terhadap kondisi ini kerap datang dan berulang terjadi, anda sebaiknya waspada. Jangan terlalu menyepelekan limbung, dan malah segera konsultasikan pada dokter anda, jika saat limbung disertai tanda-tanda berikut :
 
Nyeri dada, nafas tersengal-sengal, atau jantung berdetak keras. Gejala-gejala tersebut mungkin menunjukkan kondisi jantung andalah yang menjadi penyebab limbung, dan tentu ini tak boleh diabaikan.
 
Dehidrasi. Kerap kali limbung diasosiasikan dengan penyakit termasuk demam, muntah, dan diare. Cek segera kondisi kesehatan anda untuk benar-benar mengetahui penyebab limbung anda.
 
Orang dengan diabetes. Pasien diabetes juga sering mengalami limbung akibat kadar gula darah yang turun tajam (hipoglikemia) atau terlalu tinggi (hiperglikemia). Kondisi ini membutuhkan perawatan darurat, atau persyaratan medis tertentu untuk menyetabilkan kembali insulin
 
Vertigo. Penyakit satu ini mampu menyebabkan masalah kesehatan signifikan, mulai keinginan muntah dan badan lemah. Perawatan medis kadang diperlukan untuk mengontrol gejala kambuhan vertigo. Meski tak terlalu serius, tapi bila gejala sering timbul tenggelam tentu akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : medicine.net
Tahukah engkau apa yang menghancurkan Islam?” Ia (Ziyad) berkata, aku menjawab, “Tidak tahu.” Umar bin Khattab RA berkata, “Yang menghancurkan Islam adalah penyimpangan orang berilmu, bantahan orang munafik terhadap Alquran, dan hukum (keputusan) para pemimpin yang menyesatkan.”(Riwayat Ad-Darimi, dan berkata Syaikh Husain Asad: isnadnya shahih))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Makna Sumpah Pemuda, Erick Yusuf: Ayo 'Action'
JAKARTA -- Tanggal 28 Oktober diperangati sebagai hari sumpah pemuda. Memaknai itu, Ustaz Erick Yusuf menilai pemuda Indonesia harus terus semangat dan bersatu. Erick...