Senin 16 Apr 2012 22:07 WIB

Waspadai Limbung, Jangan Paksakan Beraktivitas

Pandangan kabur dan tidak jelas akibat limbung dan penurunan kesadaran (ilustrasi)
Foto: RF Photo
Pandangan kabur dan tidak jelas akibat limbung dan penurunan kesadaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepala melayang merupakan tanda tubuh anda lemah, dan kesadaran menurun, rasanya tak mengenakkan seperti anda hendak pergi dari dunia. Gejala ini kadang terjadi cepat, tergantung penyebab, kadang bila parah disertai berkeringat, mual, muntah, dan pandangan kabur.

 

Bila itu terjadi, jangan memaksa diri melakukan aktivitas. Duduk dan berbaringlah sesaat cukup efektif untuk meredakan terutama bila limbung disebabkan sikap tubuh berdiri tiba-tiba.

 

Limbung dan bergelenyar ialah keluhan umum yang sering kali bisa disembuhkan saat pasien mendatangi dokter atau klinik kesehatan. Seringkali keluhan ini memang tidak memiliki penyebab mendesak yang harus diatasi. 

 

Hanya saja ketika keluhan terhadap kondisi ini kerap datang dan berulang terjadi, anda sebaiknya waspada. Jangan terlalu menyepelekan limbung, dan malah segera konsultasikan pada dokter anda, jika saat limbung disertai tanda-tanda berikut :

 

Nyeri dada, nafas tersengal-sengal, atau jantung berdetak keras. Gejala-gejala tersebut mungkin menunjukkan kondisi jantung andalah yang menjadi penyebab limbung, dan tentu ini tak boleh diabaikan.

 

Dehidrasi. Kerap kali limbung diasosiasikan dengan penyakit termasuk demam, muntah, dan diare. Cek segera kondisi kesehatan anda untuk benar-benar mengetahui penyebab limbung anda.

 

Orang dengan diabetes. Pasien diabetes juga sering mengalami limbung akibat kadar gula darah yang turun tajam (hipoglikemia) atau terlalu tinggi (hiperglikemia). Kondisi ini membutuhkan perawatan darurat, atau persyaratan medis tertentu untuk menyetabilkan kembali insulin

 

Vertigo. Penyakit satu ini mampu menyebabkan masalah kesehatan signifikan, mulai keinginan muntah dan badan lemah. Perawatan medis kadang diperlukan untuk mengontrol gejala kambuhan vertigo. Meski tak terlalu serius, tapi bila gejala sering timbul tenggelam tentu akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

sumber : medicine.net
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement