Senin 16 Apr 2012 15:04 WIB

Mau Stres Hilang dan Kulit Halus? Olahraga Dong...

Olahraga teratur salah satu cara membuat tubuh langsing/ilustrasi
Olahraga teratur salah satu cara membuat tubuh langsing/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Olahraga ternyata tidak hanya demi kesehatan tubuh. Selain sehat, berkat olahraga juga, stres bisa hilang sekaligus kulit lebih halus."Olah raga itu menghasilkan hormon endorfin yang memberikan rasa nyaman," kata spesialis kesehatan olah raga dr Hario Tilarso, SpKO, Senin (16/4).

Dia menjelaskan, olahraga teratur yang dia maksud adalah melakukannya sekitar tiga hingga lima kali dalam satu minggu selama 20-60 menit. "Olahraga yang baik di antaranya jalan kaki, berenang, senam dan lari serta masih banyak lagi yang lainnya," katanya.

Dia juga menambahkan, olahraga juga sangat baik untuk menyehatkan jantung, paru-paru dan menurunkan gula darah. "Jadikan olahraga sebagai gaya hidup agar terhindar dari berbagai penyakit khususnya stres yang malahan bisa menimbulkan berbagai penyakit dan menyebabkan kecantikan memudar," katanya.

Spesialis kesehatan jiwa RS Premiere Bintaro, dr Yenny DP SpKJ dalam acara bincang sehat "Tampil Cantik dan Bugar" menambahkan jika seseorang mengalami stres maka aura kecantikan seseorang yang timbul dari dalam juga turut memudar.

"Biasanya kalau orang lagi stres maka dia menjadi jarang senyum, dahi dikerutkan dan lain sebagainya sehingga secata terus-menerus bisa menghilangkan kecantikan dari dalam sekaligus bisa membuat kerutan di kulit wajah," katanya.

Malahan, stres yang terjadi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami proses penuaan dini. "Perempuan yang stres cenderung bernafas cepat, dangkal dengan hidung mulut kering dan bibir pecah-pecah," katanya.

Dia juga menambahkan, saat seseorang yang sedang stres biasanya mengungkapkan dengan cara kemarahan, menggeratakkan gigi, mengencangkan rahang, otot leher tegang sehingg lama kelamaan mempengaruhi penampilan.

"Karena itu orang yang mengalami stres harus melakukan relaksasi, latihan pernafasan, olahraga santai, makan, bersantai, mengembangkan kreativitas hingga merawat tubuh," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement