Kamis 12 Apr 2012 14:16 WIB

Ini Dia Cara Diet yang Bikin Cepat Hamil (2)

Ikan goreng/ilustrasi
Foto: indochinekitchen.com
Ikan goreng/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ''Anda adalah apa yang Anda makan.'' Untuk urusan hamil, ternyata ungkapan ini ada benarnya. Berawal dari makanan yang kita santap, semuanya akan berpengaruh pada hormon dan aliran darah. Untuk Anda yang berniat hamil, urusan santapan atau diet lewat pemilihan makanan dan minuman yang tepat menjadi penting karena terkait dengan kesuburan. Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang bikin cepat hamil:

Santap beraneka warna makanan

Jangan meremehkan buah-buahan dan sayuran. Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, buah dan sayur juga dapat berisi gizi yang mampu menangkal radikal bebas seperti antioksidan. Radikal bebas seperi berasal dari sinar matahari atau terpaan asap kendaraan sangat bisa merusak ovarium, sperma, dan organ reproduksi.

Cara menangkalnya mudah saja. Rajin-rajinlah menyantap aneka buah berwarna dan sayuran seperti blueberry, mangga, dan aneka sayuran. Makin berwarna, makin tinggi kandungan gizinya. Penuhi terus keranjang buah Anda dan targetkan untuk menyantap setidaknya dua jenis buah dan tiga jenis sayur setiap hari.

Ikan

Jika tidak suka ikan, pikir-pikir lagi deh. Ini karena tubuh kita memerlukan lemak omega 3 untuk mendongkrak kesuburan dan ikan adalah sumber yang tepat. Kendati begitu, waspadai kandungan merkuri yang mungkin terdapat dalam ikan. Merkuri justru menjadi racun mematikan untuk janin dan mampu bertahan dalam aliran darah selama lebih dari satu tahun. Disarankan agar memilih salmon atau udang untuk memenuhi kebutuhan omega 3.

Zat besi

Sebelum memutuskan untuk hamil, sebaiknya penuhi kebutuhan zat besi tubuh. Apalagi, bila masa menstruasi Anda tergolong lama dan banyak. Masa menstruasi yang lama merupakan pemicu kehilangan zat besi dalam tubuh.

Ada baiknya langsung meningkatkan asupan zat besi sebelum dan saat hamil karena tubuh ternyata sulit untuk mempertahankan pasokan zat besi. Belum lagi janin juga akan menyedot mineral dari tubuh ibu. Daging merah menjadi sumber zat besi. Namun, jika Anda seorang vegetarian, sebaiknya mengonsumsi multivitamin yang kaya zat besi.

sumber : babycenter.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement