Selasa , 10 April 2012, 13:02 WIB

Ingin Tahu Pikiran Orang Lain? Pakai Saja iBrain

Red: Endah Hapsari
yahoo.com
iBrain
iBrain

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak ada orang yang bisa membaca pikiran orang lain. Benarkah? Pertanyaan itu akan segera dijawab para peneliti dari California, AS. Mereka sedang mengembangkan alat pemindai otak pertama di dunia. Alat ini bahkan mudah dibawa-bawa alias portable. Canggihnya lagi, alat ini pada akhirnya dapat dipakai untuk ''membaca pikiran orang lain''.

''Sungguh menyenangkan karena alat ini bisa menjadi jendela menuju otak manusia. Kami sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan manusia mengakses otak manusia untuk kali pertama,'' ujar pemimpin proyek, Phillip Low.

Dilaporkan, alat yang disebut iBrain itu, akan ditempatkan pada kepala seseorang dan akan mengukur pola gerak saraf. Low mengatakan, alat ini nantinya akan merekam sejumlah data dari gelombang otak sehingga komputer akan mudah membaca pikiran orang.

Orang yang sudah mencoba iBrain ini adalah ilmuwan Stephen Hawking. ''Kami ingin mencari cara untuk langsung 'membidik' otaknya,'' ujar Low. Saat mengenakan alat itu, Hawking pun diminta berpikir keras saat menyelesaikan sejumlah soal. Tim peneliti menyebutkan, peranti ini dapat digunakan tiap orang dan dipakai saat tidur. Bahkan, pada perkembangannya nanti, iBrain juga dapat digunakna untuk menangani gangguan tidur, depresi, dan autisme. ''Inilah langkah awal untuk pengobatan secara personal,'' kata Low.

Sumber : yahoo.com

Berita Terkait