Senin 27 Feb 2012 09:01 WIB

Langsing tanpa Diet Ketat? Bisa Kok, Asal...(1)

Menyantap makanan sarat serat dapat membantu tubuh lebih langsing
Foto: AP
Menyantap makanan sarat serat dapat membantu tubuh lebih langsing

REPUBLIKA.CO.ID, Anda tentu ingin bisa punya tubuh ramping, tapi ogah diet ketat. Tenang, ada caranya kok. Anda tidak perlu menghapus semua makanan enak favorit atau menghabiskan waktu berjam-jam di tempat fitnes.

 

Para pakar mengatakan, tanpa diet ketat, Anda tetap bisa bertubuh langsing. Caranya, lakukan perubahan kecil dalam aktivitas harian. Ternyata, inilah cara yang terbaik untuk menurunkan berat badan. Simak yuk caranya:

Diet selai kacang
Ketika membeli berbagai variasi selai kacang, biasakan untuk menghilangkan lapisan minyak di bagian atas. Setiap sajian selai kacang seperti ini akan menghilangkan sekitar 20 kalori atau 2-3 gram lemak. Ini adalah perubahan kecil yang bisa menurunkan beberapa kilogram setiap tahun.
Sarat serat
Tak peduli pada serat justru bikin Anda bertambah berat badan. Pastikan Anda selalu memilih makanan yang sarat serat dan rendah kalori. Misalnya, pop corn rendah lemak. Makanan ini punya lima kali lebih banyak serat daripada jenis yang biasa.
Dari studi terakhir terungkap, ketika perempuan menambah asupan serat harian dari 12 gram menjadi 24 gram, tubuh akan menurunkan serapan hingga 90 kalori setiap hari. Ini berarti Anda akan kehilangan sekitar 4,5 kilogram dalam setahun. Lumayan, kan?
Menari
Cobalah rajin-rajin menari bersama teman atau cukup sendiri saja di rumah. Menari dengan irama cepat tidak hanya mengasyikkan. Lakukan ini dalam satu jam, Anda akan meluruhkan sekitar 400-500 kalori. Ini setara dengan joging ringan di treadmill, tapi tentu saja lebih menyenangkan!
Tampil beda
Ketika berada di tempat fitnes, pilih peralatan yang sedikit lebih berat daripada yang biasa Anda gunakan. Ketika berjalan atau berlari, tambahkan sedikit jalan mundur dan ke samping gaya shuffling selama satu menit.
Anda akan 'menantang' otot dengan cara-cara baru seperti ini. Lakukan dengan sudut yang berbeda dan tingkatkan kemampuan keseimbangan. Latihan seperti ini akan membuat Anda lebih sigap dan membakar lebih banyak kalori.

 

sumber : Healthday News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement