Selasa 21 Feb 2012 16:24 WIB

Perut Sering Bermasalah? Waspadai Makanan dan Minuman Ini (2)

Keju
Keju

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk Anda yang kerap mengalami masalah perut, sebelum menenggak obat-obatan yang tidak jelas, cobalah untuk mewaspadai berbagai makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Boleh jadi, dari makanan dan minuman itulah, sumber masalah yang membuat perut bergejolak.

Pemanis

Sejumlah pemanis bisa menjadi masalah untuk pencernaan yang sensitif. Pemanis dapat memperburuk gejala dan memicu iritasi lebih sering. Seperti makanan pedas, Anda harus mencari tahu jenis pemanis yang bikin perut Anda bermasalah.

Bawang

Agar bersahabat dengan bawang, cobalah untuk memasak bawang lebih dulu. Selain itu bisa juga memakan bawang dalam jumlah lebih sedikit atau tanpa bawang sama sekali.

Olahan susu

Makanan ini bisa tampil dalam bentuk keju sampai krim yang bisa memicu masalah pencernaan. Pastikan olahan susu yang memang membuat perut Anda bermasalah.

Makanan olahan

Beberapa makanan olahan terbukti tak baik untuk kesehatan, terlebih untuk mereka yang mengalami masalah pencernaan. Bahan pengawet pun memperburuk keadaan pencernaan dan memperparah gejala yang muncul. Cobalah baca label nutrisi dalam makanan dan berusahalah untuk memasak sendiri makanan Anda.

Saus, kecap, cuka

Tambahan makanan seperti ini juga dapat membuat iritasi pencernaan. Jika memungkinkan, hindari saja penyedap rasa seperti ini dan gantilah dengan bahan makanan lain yang bisa berfungsi serupa.

sumber : healthcentral.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement