Sabtu 18 Feb 2012 09:44 WIB

Mau Hidup Nyaman? Ini Daftar Makanan yang Bisa Bikin Mood Enak

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Endah Hapsari
Makanan berbahan gandum dengan serat tinggi (Ilustrasi)
Makanan berbahan gandum dengan serat tinggi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam beraktivitas sehari-hari, penting sekali untuk mengkonsumsi makanan yang meningkatkan energi. Selain itu, suasana hati juga sangat berpengaruh dalam menunjang pekerjaan anda. Tapi jika anda terlalu stres dalam bekerja, anda bisa mengalami badmood atau bahkan kesulitan tidur.

Inilah daftar makanan yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk menambah energi saat bekerja, menjaga suasana hati dan membantu tidur nyenyak setelah seharian beraktivitas.

Oats

Sarapan semangkuk bubur oats dari gandum setiap pagi bisa menjadi bekal beraktivitas. Oats mengandung vitamin B bisa membantu untukberkonsentrasi dan memecah karbohidrat menjadi glukosa sebagai bahan bakar tubuh.

Cokelat

Banyak manfaat yang dilaporkan sebagai khasilat dari cokelat hitam. Cokelat dapat mengurangi risiko sakit jantung, mencegah keriput, meningkatkan mood, dan membangkitkan energi. 

Cokelat memiliki kandungan yang tinggi teobromin yang merupakan sebuah stimulan yang ditemukan dalam banyak minuman berenergi. Jadi, mengonsumsi cokelat setiap hari baik untuk menambah energi ketika beraktivitas.

Ubi bit

Bit tidak hanya memberikan banyak manfaat kesehatan. Sayuran ini juga merupakan sumber energi. Bit memiliki kadar gula yang tinggi sehingga bisa memberikan tambahan energi instan. Bit juga mengandung banyak nutrisi termasuk magnesium, zat besi, vitamin C dan nitrat.

Minyak Ikan 

Asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan memiliki pengaruh baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi asam lemak omega-3 yang rendah cenderung lebih sering mengalami depresi dan banyak berperasangka negatif. Jadi, minyak ikan sangat baik untuk menjaga mood anda.

Pisang

Pisang mengandung gula alami, baik dikonsumsi untuk tambahan energi. Selain itu, pisang juga mengandung  triptofan, asam amino esensial yang meningkatkan kadar serotonin yang membantu untuk mengatur suasana hati.

Produk susu

Jika Anda mengalami kesulitan tidur karena terlalu lelah beraktivitas, ada baiknya sering mengonsumsi makanan yang mengandung  triptofan seperti yang terdapat dalam yogurt dan susu. Triptofan merupakan asam amino esensial yang membantu untuk meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh. Kedua zat itu dapat merangsang agar tubuh anda terlelap dengan nyenyak.  Agar lebih nyenyak, anda bisa mencoba oats dicampur susu. Selain baik dimakan untuk sarapan, oats juga sumber melatonin dan triptofan yang baik.

 

 

sumber : times of india
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement