Sabtu 11 Feb 2012 01:00 WIB

Pria Dapat Turunkan Jantung Koroner

Jantung (ilustrasi).
Foto: www.kaheel7.com
Jantung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pria dapat mewarisi risiko tinggi serangan jantung dari ayahnya. Penyakit jantung koroner ini diwariskan melalui kromoson Y, yang diturunkan pada keturunan pria mereka.

Sebuah penelitian menemukan pria dengan versi tertentu dari kromosom Y pria. Hasilnya adalah 50 persen diantaranya ada kemungkinan untuk menderita penyakit arteri koroner (CAD), yang dapat menyebabkan angina, serangan jantung dan gagal jantung.

Peneliti utamanya, dari Universitas Leicester, Dr Maciej Tomaszewski, menyatakan gembira tentang temuan ini karena mereka menempatkan kromosom Y pada peta kerentanan genetik untuk penyakit arteri koroner. “Kami ingin menganalisis lebih lanjut kromosom Y manusia untuk menemukan gen spesifik dan varian yang mendorong hubungan ini,” ujarnya seperti dilansir dari Dailymail, Sabtu (10/2).

Temuan ini pun telah diterbitkan dalam edisi online awal jurnal medis The Lancet. Penyakit jantung koroner, yang mengurangi pengiriman oksigen darah ke otot jantung, biasanya lebih banyak diderita pria daripada wanita dan mengakibatkan sekitar 94 ribu kematian di Inggris setiap tahun.

Gaya hidup pilihan seperti pola makan yang buruk dan merokok adalah penyebab utama, tapi faktor diwariskan dibawa dalam DNA juga bisa menjadi penyebabnya. Penelitian selanjutnya akan dilakukan untuk bisa mengidentifikasi secara spesifik pada masalah genetika dan bagaimana hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement