Jumat 10 Feb 2012 02:04 WIB

Tai Chi Bisa Membantu Penderita Parkinson Berjalan

Rep: Rosita Budi Suryaningsih/ Red: Dewi Mardiani
Tai Chi
Foto: wordpress
Tai Chi

REPUBLIKA.CO.ID, Melakukan tai chi dalam waktu satu jam saja seminggu dua kali, ternyata efektif dan manfaatnya besar sekali bagi penderita parkinson. Latihan pernafasan yang teratur, lambat, terukur, dan lembut bisa meningkatkan keseimbangan dan membuat kaki mantap ketika berjalan. Otomatis, cara berjalan penderita parkinson ini bisa teratur lagi.

Orang dengan penyakit Parkinson sering menderita kaki gemetar dan otot kaku yang membuat semakin sulit bergerak. Namun kini, para ilmuwan telah membuktikan bahwa latihan seni beladiri kuno dari Cina, yaitu tai chi, bisa membantu mereka.

Tim dari Oregon Research Institute meneliti 200 pasien parkinson yang melakukan sesi tai chi, dari pemanasan, pelatihan, hingga peregangan.  Mereka yang mengikuti sesi tai chi ini, bisa mendapatkan keseimbangan dan keteraturan panjang langkah-langkahnya saat berjalan.

Salah satu penelitinya, Fuzhong Li, menyatakan bahwa tai chi memang bagus untuk terapi fisik, dalam mengatasi masalah klinis seperti parkinson. “Perbaikan dalam keseimbangan dan gaya berjalan yang melakukan tai chi sudah terlihat,” ujarnya seperti dilansir dari Dailymail, Kamis (9/2).

Parkinson adalah gangguan motor sistem progresif yang mempengaruhi lebih dari 120.000 orang di Inggris dan sekitar satu juta di AS. Gejalanya biasa muncul pada orang di atas usia 50, yaitu tubuh gemetar, kekakuan dan kehilangan keseimbangan.

Tai chi memerlukan latihan teratur teknik pernapasan dan relaksasi untuk menenangkan pikiran, dikombinasikan dengan gerakan lambat dan lembut. Dengan keteraturan yang dilakukan saat tai chi, bisa menjadi terapi bagi para penderita parkinson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement