Kamis 09 Feb 2012 10:39 WIB

Mengapa Perempuan Sering Berbohong Soal Berat Badan? Simak Alasannya

Timbang badan
Foto: gtpnutrition.blogspot.com
Timbang badan

REPUBLIKA.CO.ID, Anda pernah berbohong soal berat badan? Ternyata, Anda tidak sendiri. Dari hasil penelitian diketahui, dua per tiga perempuan berbohong tentang berat tubuhnya. Bahkan, tanpa tanggung, mereka memanipulasi berat badan hingga empat kilogram lebih ringan.

Para peneliti mengungkapkan, ada jutaan perempuan yang berbohong soal berat badannya ketika bicara pada pasangan, sahabat, bahkan ibu mereka. Rata-rata perempuan menghilangkan sekitar empat kilogram dan satu dari lima perempuan mengaku beratnya lebih ringan sedikit saja dari yang sesungguhnya.

Ketika harus menuliskan angka berat badan, satu dari enam perempuan memberikan angka yang lebih ringan karena merasa malu. Yang mengejutkan, mereka tidak hanya berbohong soal berat badan, karena ada perempuan yang enggan berkata jujur soal ukuran baju sampai sepatunya.

''Sebagian besar orang akan mengaku 'berbohong putih' soal ukuran tubuh dan berat badan, tapi untuk perempuan kalau mereka berbohong, itu karena merasa malu,'' ujar Vincent Lee dari EatWater, perusahaan yang mengampanyekan gerakan penurunan berat badan.

''Berat badan adalah isu yang cukup membingungkan meski semua orang tahu bahwa ini tidak selalu menjadi indikator terbaik untuk menentukan ukuran atau kesehatan seseorang.''

Lee menyebutkan, urusan bentuk tubuh memang isu personal. ''Punya kelebihan berat badan bisa memalukan dan menurunkan kepercayaan diri. Jadi, wajar saja bila adaorang yang tidak ingin mengungkap fakta sesungguhnya soal ini pada teman atau pasangannya.''

Apalagi, untuk para perempuan yang mulai mempercayai kebohongannya sendiri. Lee mengatakan, sebagian besar perempuan menurunkan ukuran bajunya. Menariknya, satu dari lima orang perempuan selalu mengklaim ukuran bajunya dua nomor lebih kecil dari sebenarnya.

Well, ladies...

sumber : dailymail
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement