Jumat 13 Jan 2012 17:53 WIB

Lakukan Ini Jika Cedera di Persendian

Rep: Rosita Budi Suryaningsih/ Red: Dewi Mardiani

REPUBLIKA.CO.ID, Jika mengalami trauma, misalnya kecelakaan ataupun terjatuh dan sendinya cedera, jangan diurut atau dipijat sembarangan. Menurut ahli bedah tulang panggul dan lutut, dr Andre Pontoh, SpOT, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, agar tak memperparah trauma yang sudah ada.

Hal yang paling penting, kata dia, adalah segera mencegah pembengkakan setelah sendi kita cedera. “Ini harus dilakukan segera, setelah jatuh misalnya,” ujarnya, Jumat (13/1).

Inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika kita mengalami cedera di persendian: segeralah kompres dengan es. Setelah itu, bebat sendi yang cedera dengan menggunakan kain atau bahan lainnya. Pastikan sendi jangan sampai membengkak. Kemudian, istirahatkan kaki yang sendinya cedera. "Jika kita sedang duduk atau bersandar, pastikan kaki yang sendinya cedera, ditinggikan."

Dengan melakukan langkah-langkah ini, menurutnya, bisa mencegah pembengkakan pada cedera sendi tersebut. Setelah itu, sarannya, periksakan ke dokter, agar bisa mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement