Rabu 11 Jan 2012 17:01 WIB

Hati-hati, Konsumsi Vitamin D Terlalu Banyak Picu Sakit Jantung

vitamin/ilustrasi
Foto: lunchboxbunch.com
vitamin/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Selama ini kita tahu bahwa vitamin D amat penting untuk kesehatan tulang dan mampu menjadi pelindung untuk jantung. Namun, dari riset kesehatan terbaru justru diketahui, terlalu banyak mengonsumsi vitamin ini justru berbahaya. ''Vitamin D memang penting untuk kesehatan jantung, khususnya bila Anda memang kekurangan vitamin D. Namun, ternyata dalam titik tertentu, kelebihan itu justru bisa menjadi bumerang,'' ujar Muhammad Amer, asisten profesor dari John Hopkins University School of Medicine yang menjadi kepala riset tersebut.

Dalam penelitian itu, para ahli menguji lebih dari 15 ribu orang dewasa selama lima tahun. Mereka mengungkapkan, orang-orang yang memiliki kandungan darah dengan vitamin D dalam kadar normal memiliki protein c-reactive (CRP) yang rendah. Protein ini menjadi pemicu serangan jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Di sisi lain, ketika level vitamin D itu meningkat melebihi batas normal,CRP juga meningkat sehingga berujung dengan risiko mengalami serangan jantung. ''Serangan yang dapat dibatasi oleh vitamin D tampaknya tidak terjadi ketika kadar vitamin D itu lebih tinggi,'' kata Amer.

Maka, mereka pun menyarankan agar kita hati-hati ketika mengonsumsi vitamin dan suplemen, terutama vitamin D. ''Pastikan vitamin D yang kita konsumsi benar-benar dibutuhkan. Pil-pil itu berdampak pada kesehatan meski secara teknis pil itu tak mengandung racun.''

sumber : Healthday News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement