Rabu 04 Jan 2012 08:00 WIB

Bakteri Mematikan Menyerang Kantor Baru Pemerintah Hongkong?

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,HONGKONG--Pejabat kesehatan melakukan penyelidikan di kompleks pemerintah,  setelah seorang menteri dirawat di rumah sakit dengan penyakit yang berpotensi fatal pada bulan lalu.

Penyakit itu, Legionnaires, dikenal sebagai penyakit yang  disebabkan oleh bakteri yang merupakan bentuk pneumonia. Jejak bakteri ditemukan sampai 14 kali di atas tingkat yang dapat diterima.

Pusat kesehatan Hongkong melakukan aksi Perlindungan Kesehatan dengan mengumpulkan sampel air dari berbagai tempat di Kantor Pemerintah Pusat baru setelah Menteri Pendidikan, Michael Suen didiagnosis dengan penyakit legiuner 'bulan lalu.

"Sampel dikumpulkan dari berbagai toilet - termasuk mereka yang di kantor Kepala Eksekutif, Donald Tsang - diuji positif untuk Legionella pneumophila", menurut pernyataan yang dikeluarkan pemerintah Hongkong.

Tempat bermasalah lainnya yang diduga tempat bakteri, termasuk keran air di dalam dapur sebuah kantin dan Dining Hall di Kompleks Dewan Legislatif.

Wong Kwok-hing, seorang legislator, menggambarkan berita sebagai "skandal".Dia mengatakan, "kantor-kantor pemerintah dan legislatif harus kembali ke lokasi asli mereka jika situasi semakin memburuk," .

Kompleks pemerintahan ini memang baru. kompleks ini baru dibuka bulan Agustus lalu.

Namun, Dr Thomas Tsang, pengendali Pusat Perlindungan Kesehatan, mengatakan para pejabat tidak perlu pergi jauh meninggalkan gedung baru kompleks pemerintahan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement