Ahad 04 Dec 2011 09:40 WIB

Konsumsi Ikan Salmon Biar Otak tidak Lemot

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Didi Purwadi
Ikan Salmon
Foto: Republika
Ikan Salmon

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -Mengkonsumsi ikan salmon baik untuk meningkatkan memori. Studi baru menunjukkan bahwa potensi alzheimer bisa dikurangi dengan banyak mengkonsumsi ikan berminyak seperti ikan salmon.

Menurut penelitian universitas di Selandia Baru, kandungan asam lemak yang ada di dalam ikan dan makanan laut bisa meningkatkan 15 persen memori otak. Ilmuwan kini menyoroti pentingnya pengaturan pola makan dengan menu ikan untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah terjadinya demensia (penurunan fungsi otak).

Selama periode enam bulan, profesor Welma Stonehouse meneliti 176 orang dewasa sehat. Mereka diberi suplemen mengandung asam lemak DHA omega-3. Kandungan itu terdapat dalam salmon, makarel, sarden, udang dan kerang.

Setelah mengkonsumsi makanan tersebut, memori mereka menunjukkan perbaikan signifikan. DHA diyakini menjadi kunci yang berfungsi dalam peningkatan memori.

Penemuan ini menunjukkan bahwa DHA berfungsi mencegah penyakit Alzheimer. Alzeheimer merupakan salah satu bentuk paling umum dari demensia yang ditandai penurunan mental, seperti memori dan penalaran dan sering dikaitkan dengan bertambahnya usia.

"Ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan bahwa DHA dapat meningkatkan fungsi memori pada orang dewasa muda yang sehat," kata Stonehouse.

Penelitian ini menunjukkan bahwa laki-laki yang mendapatkan suplemen DHA memori otaknya meningkat 15 persen. Bagi wanita, konsumsi salmon bisa meningkatkan kemampuan otak sebanyak tujuh persen. .

DHA omega-3 ditemukan dalam ikan dan makanan laut. DHA merupakan salah satu lemak yang membantu fungsi kognitif otak. Fungsi kognitif mempengaruhi kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belanja mengemudi, dan olahraga.

sumber : www.dailymail.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement