Jumat 16 Sep 2011 08:16 WIB

Jus Apel Kemasan Asal Cina Mengandung Arsenik? Dr Mehmet Oz Dimintai Keterangan FDA

Jus apel. Ilustrasi
Foto: headnews.info
Jus apel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Anda kenal Dr Mehmet Oz? Dokter 'selebriti' yang kerap tampil di acara Oprah Winfrey Show itu kini berhadapan dengan FDA atas pernyataannya yang dianggap menyesatkan.

Dalam acara yang dipandunya di Fox TV, ia menyatakan bahaya jus apel yang diimpor dari Cina. Menurutnya, berdasar pengujian oleh sebuah laboratorium di New Jersey menunjukkan adanya kadar arsenik di atas ambang yang dianjurkan dalam aneka produk jus kemasan.

Pernyataan ini, membuat berang FDA, sebagai badan yang khusus menangani keamanan pangan di Amerika Serikat. "Tidak ada bukti risiko kesehatan  dari minum jus ini. Dan FDA telah menguji mereka selama bertahun-tahun,," Kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan.

Arsenik secara alami ada dalam air, makanan, udara, dan tanah dalam dua bentuk - organik dan anorganik. Menurut FDA, arsenik organik melewati tubuh dengan cepat dan pada dasarnya tidak berbahaya. Arsen anorganik - jenis yang ditemukan dalam pestisida - dapat menjadi racun dan dapat menimbulkan risiko kanker jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau dalam jangka waktu lama.

Dr Oz dalam acara The Dr Oz Show  tidak merincinya lebih lanjut ketika menguji sampel beberapa lusin jus kemasan. Akibatnya, FDA mengatakan hasil penelitian itu menyesatkan.

Lembaga ini kemudian melakukan uji laboratorium atas produk yang sama seperti yang diuji Dr Oz. Hasilnya, jauh dari hasil tes yang disebutkan. Hanya 2 per sejuta bagian saja arsenik ditemukan dalam produk itu.

sumber : Associated Press
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement