Rabu 13 Jul 2011 09:54 WIB

HIV/AIDS Mewabah, Guru-Guru di Papua Dilatih Cara Pencegahannya

Red: cr01
Ilustrasi
Foto: koranbaru.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK – Sebanyak 48 guru SD hingga SMA/SMK di Provinsi Papua telah dilatih serta disiapkan sebaga tenaga master of trainer pendidikan pencegahan HIV/AIDS di sekolah.

Otoritas Program HIV/AIDS Unicef Papua, Mery Weyai, mengatakan sebelum ditugaskan sebagai master trainer pencegahan HIV/AIDS, ke-48 guru dari empat kabupaten ini telah mengikuti pelatihan TOT (training of trainer) yang diselenggarakan Unicef perwakilan Papua dan Dinas Pendidikan. "Melalui dukungan guru TOT, pencegahan HIV/AIDS bisa diajarkan kepada guru lain di berbagai jenjang pendidikan," kata Mery, Rabu (13/7).

Mery mengatakan, guru TOT pencegahan HIV/AIDS telah melakukan sosialisasi tentang program kecakapan hidup (life school education) bagi siswa di sekolah maupun para guru lain lewat pelatihan di lokasi tertentu.

Mery mengharapkan berbagai pihak agar terlibat dalam pencegahan penularan HIV/AIDS melalui penyebarluasan informasi ancaman penyakit menular serta cara mencegah penyakit berbahaya yang kini belum ada obatnya.

"Keterlibatan serta kepedulian berbagai elemen masyarakat akan ancaman bahaya penyakit menular HIV/AIDS harus ditingkatkan, karena bahaya penyakit menular ini bisa mengancam siapa saja," ujarnya.

Ia mengimbau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua dapat memasukkan program pencegahan HIV/AIDS di sekolah-sekolah sehingga siswa dapat memahami serta mengerti tentang pencegahan penyakit ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement