Rabu 18 May 2011 18:12 WIB

Kiwi, Kaya Vitamin C, tak Berkaitan dengan Upaya Kehamilan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Vitamin C pada buah kiwi terbukti lima kali lebih efektif diserap oleh tubuh dibanding vitamin C dari suplemen. Hal ini didasarkan pada penelitian tim University of Otago, New Zealand. Namun, buah kiwi tidak berpengaruh pada upaya kehamilan seorang wanita. 

Demikian penjelasan dari  Maurin Handayani, media expert pada Inke Maris & Associates, menanggapi tulisan Republika Online edisi tanggal 10 Mei 2010. Tulisan berjudul  Banyak Mengonsumsi Kiwi Dapat Mempercepat Kehamilan? disarikan dari tulisan Kantor Berita Antara berjudul Hamil Gara-gara Mengkonsumsi Buah yang kami terima Selasa, 10 Mei 2011 pukul 17:29:32. 

Menurut Maurin, vitamin C, asam folat, dan glycaemic indeksadalah tiga hal yang berbeda.  Vitamin C sangat berperan dalam tubuh, yaitu sebagai antioksidan, kofaktor untuk pembentukan kolagen dan berbagai hormon, dan peningkat sistem imun tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. 

Asam folat penting untuk pembentukan otak janin (sampai dengan 4 minggu awal kehamilan) dan mencegah cacat sumsum tulang belakang. Selain itu, asam folat penting bagi kesehatan jantung. Jadi asam folat tidak untuk mempermudah kehamilan. 

Sedang Glycaemic indeks (GI)/adalah angka yang menunjukkan efek makanan yang mengandung karbohidrat terhadap peningkatkan kadar gula didalam darah. Makanan yang mempunyai indeks glisemik rendah umumnya cukup aman bagi penderita diabetes.

 "Buah kiwi Zespri adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap termasuk Vitamin C (Vitamin C pada buah kiwi dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dengan perbandingan berat (gram) yang sama), serat, potasium (lebih tinggi dari pisang), asam folat, magnesium, lutein,zinc, vitamin E dan mempunyai kadar lemak serta indeks glycaemic rendah," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement