Senin 21 Feb 2011 19:50 WIB

Cegah Kanker, Depkes Inggris Tetapkan Batasan Konsumsi Daging

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Orang dewasa disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 500 gram daging dalam sepekan. Jumlah ini setara dengan tiga potong kecil perhari.

Pedoman baru ini dibuat oleh Departemen Kesehatan Inggris untuk mengurangi risiko kanker. Pedoman ini dikeluarkan sepekan setelah British Nutrition Foundation merilis studi terbaru mereka yang menyatakan bahwa mayoritas orang dewasa yang hobi mengonsumsi daging merah mempunyai kaitan dengan penyakit kanker. Penelitian ini memperingatkan bahwa meskipun daging merah adalah sumber zat besi - sebuah komponen penting dari makanan kita - namun konsumennya harus mengingat risikonya bagi penyakit jantung dan kanker.

Pedoman, yang disusun oleh komite penasihat ilmiah tentang gizi Departemen Kesehatan akan merekomendasikan bahwa orang dewasa sebaiknya makan daging merah dan produk olahannya tidak lebih dari 70 g perhari. Secara sederhana, dalam sepekan mereka sebaiknya hanya mengonsumsi tiga sosis, satu potong steak kecil, dan tiga potong daging domba.

Penelitian telah menunjukkan bahwa daging merah secara signifikan meningkatkan risiko kanker usus. Ini adalah bentuk paling umum  kanker pada 6.500 warga Inggris setiap tahun.

Ini juga telah dikaitkan dengan penyakit jantung karena kandungan lemak jenuh yang tinggi, diabetes tipe 2 dan bentuk lain dari kanker termasuk payudara, paru-paru, dan prostat.

Pedoman sebelumnya menyarankan bahwa Inggris harus makan 90 g sehari.

Tapi 17 ilmuwan yang terlibat dalam penelitian itu percaya bahwa batas-batas ini terlalu toleran. Angka menunjukkan bahwa sepertiga dari orang dewasa makan lebih dari 100 g per hari dan para peneliti takut mereka menempatkan diri pada resiko yang tidak perlu.

sumber : Daily Mail
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement