Kamis 14 Apr 2011 17:14 WIB

Inilah Tujuh Resep Mereduksi Stres ala Dr Mehmet Oz

Perempuan stres
Foto: wordpress.com
Perempuan stres

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES - Berita salah satu pemeran utama film Zoro, Cahterine Zeta Jones yang dirawat karena stres, membuat publik Amerika Serikat prihatin. Tekanan bertubi-tubi yang dihadapinya -- suami berjuang melawan kanker stadium empat dan anak tirinya berurusan dengan polisi karena narkoba -- membuat stres Zeta Jones menumpuk.

Semua meledak tahun ini: saat suami dinyatakan bebas dari kanker, dia harus digelandang ke RS Jiwa karena mengalami Bipolar Disorder akibat stres yang bertumpuk.

Stres, kata praktisi kesehatan Dr Mehmet Oz yang kerap dijadikan narasumber dalam Oprah Winfrey Show, sebetulnya bisa direduksi sebelum bertumpuk. Bagaimana caranya?

Di bawah ini Dr Oz berbagi resep:

# Restroom break

Inilah mengapa tempat itu disebut restroom: tempat dimana Anda menjadi diri Anda sendiri, tanpa ada orang lain yang membayangi. Berdiamlah sejenak di sini, lakukan tenangkan pikiran selama lima menit, bernafas dalam-dalam, dan berusahalah tenang. (catatan: Shalat dan berdzikir adalah salah satu cara ampuh menenangkan pikiran!)

# Bersiap beberapa menit sebelum "show time"

Tergeasa-gesa adalah ciri orang kota, benarkah? Tampaknya tidak. tergesa-gesa adalah ciri orang yang tak menyiapkan segalanya dengan baik. Untuk menghindari stres karena takut terlambat atau melakukan presentasi tidak runtut, sediakan lebih banyak waktu sebelum memulainya. Berilah diri Anda waktu ekstra.

# Gantilah makanan yang bisa memicu stres

Stres bisa disebabkan oleh makanan yang tak sehat. Konsumsilah makanan yang segar dan mengandung banyak vitamin C yang akan membantu tubuh Anda melawan kenaikan kadar kortisol, hormon stres.

# Bantu peredaran darah menjadi lancar

Stres membuat tubuh Anda memuntahkan dua hormon: kortisol dan adrenalin. Bahan kimia ini menempatkan tubuh Anda dalam posisi "melawan". Pada gilirannya, kerja jantung menjadi berat dan otot Anda tegang. Latihan memberi Anda outlet untuk melepaskan sebagian ketegangan itu. Sebuah latihan yang baik juga meningkatkan tingkat zat kimia "merasa-baik"   yang disebut endorfin.

# Tertawa...tertawa...tertawa

Para peneliti mengatakan, terapi tertawa bisa  mengantisipasi  perubahan emosi dan mengurangi kadar hormon stres, yang dikaitkan dengan kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, dan gangguan memori.

# Bersahabatlah

Itulah gunanya teman. Pertemanan yang erat membuat tubuh leluasa melepaskan oxytocin, bahan kimia yang dapat membantu memerangi hormon stres dan menurunkan tekanan darah Anda. Anda bisa bergabung dengan klub pecinta kucing, bergabung dengan klub buku, atau kelompok minat lain.

sumber : Oprah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement