Rabu 21 Apr 2010 21:04 WIB

Bermasalah dengan Kolesterol? Makan Pisang Yuk

Rep: cr2/ Red: Ririn Sjafriani
.
Foto: corbis
.

Mudah diperoleh, belum tentu minim manfaat. Kalimat itu mungkin sangat tepat ditujukan pada buah pisang yang menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Sayangnya, pisang seringkali kalah gengsi dibandingkan buah apel atau anggur.

Sejumlah riset menyebutkan kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan air 72 gram.

Riset terbaru yang dilaporkan Yanbian University China menyebutkan, mengonsumi pisang dapat mengurangi resiko terhambatnya aliran darah pada pembuluh darah arteri akibat pembentukan plak pada diding arteri. Ini artinya, risiko serangan jantung atau stroke dapat terhindarkan.

Sebelumnya, Univesitas tersebut melibatkan 20 laki-laki dan perempuan beragam usia. Setiap relawan diharuskan mengonsumsi pisang.

Dua jam sesudah relawan mengkonsumsi pisang, mereka diperiksa kadar kolesterol dalam darah. Pemeriksaan kolesterol dilakukan karena merupakan penyebab penyakit arteriklerosis dan penyakit jantung. Usai tes, peneliti menemukan serat pada pisang yang meminimalisir kolesterol.

Secara terpisah, sebuah riset yang digagas Murcia University, Spanyol menunjukan pisang mengandung komponen bernama fructooligosaccharides (FOS), sejenis prebiotik alami yang bebas kalori, kaya akan serat sehingga meminimalisir kadar kolesterol dalam darah. Peneliti juga menemukan, pisang bermanfaat pula melancarkan pencernaan.

sumber : dailymail.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement