Saturday, 6 Syawwal 1435 / 02 August 2014
find us on : 
  Login |  Register

Novel "Muhammad" Terobosan Buku Islami

Friday, 12 March 2010, 08:13 WIB
Komentar : 0
JAKARTA-- Novel berjudul "Muhammad, Lelaki Penggengam Hujan" karya penulis Tasaro GK dinilai intelektual muslim Azumardi Azra sebagai terobosan buku Islami di Indonesia. Sebab, inilah novel pertama dalam bahasa Indonesia mengenai Nabi Muhammad SAW. "Novel ini sebuah terobosan untuk Indonesia. Meski kalau dalam bahasa asing novel mengenai Nabi Muhammad SAW sudah ada," ujar Azumardi Azra saat tampil dalam acara bedah buku novel "Muhammad, Lelaki Penggenggam Hujan" di Panggung Utama IBF 2010, Istora Senayan, Jakarta, Rabu (10/3) malam. Menurut Azumardi Azra, buku yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka (Mizan Group) ini tergolong sebagai penulisan sejarah sebagai imajinasi. "Sejarah tetapi sebagai dasar ditambah imajinasi," papar Azumardi Azra yang juga ahli sejarah Islam. Sehingga bagus untuk dibaca namun tidak menyimpang dari alur sejarah. Hanya saja, dalam pandangan Azumardi Azra, jika novel ini berusaha untuk mengakrabkan dengan pembaca dinilai masih terlalu berat. Apalagi untuk pembaca dari masyarakat umum. Sebab, novel ini menggunakan kalimat-kalimat yang tidak mudah dipahami. "Sehingga perlu dibuatkan versi yang lebih ringan. Karena banyak kalimat yang filosofis," papar Azumardi Azra. Bedah novel tersebut juga menampilkan penulis (Tesaro GK) dan editor. Acara yang berlangsung mulai sekitar pukul 19.00 ini mendapat perhatian pengunjung IBF 2010. Mereka tampak antusias mengikuti acara bedah novel hingga selesai. Pada saat sesi tanya jawab cukup banyak yang menyampaikan pertanyaan dan tanggapan. Penerbit menyediakan hadiah buku untuk pertanyaan terbaik.
TAGS # #
Redaktur : taufik rachman
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Tren Arus Mudik Saat Arus Balik di Pasar Senen
 JAKARTA -- Pada H+3 Stasiun Pasar Senen tak hanya menerima arus balik. Geliat arus mudik di Stasiun ini masih cukup tinggi. Menurut Kepala Humas...