Jumat, 11 Sya'ban 1439 / 27 April 2018

Jumat, 11 Sya'ban 1439 / 27 April 2018

BTN Resmikan Kantor Cabang Syariah di Lombok

Selasa 09 Januari 2018 12:38 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya

Dirut BTN Maryono (kanan) bersama Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi meresmikan kantor Unit Syariah BTN di Mataram, NTB, Selasa (9/1).

Dirut BTN Maryono (kanan) bersama Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi meresmikan kantor Unit Syariah BTN di Mataram, NTB, Selasa (9/1).

Foto: Muhammad Nursyamsyi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono meresmikan Outlet Bank BTN Kantor Cabang Syariah (KCS) Mataram.

Maryono mengatakan, NTB memiliki potensi besar dalam perbankan syariah. Pasalnya, NTB potensi laju pertumbuhan ekonomi di NTB tumbuh positif dan selalu di atas rata-rata nasional yaitu sebesar 5,28 persen. Pun dengan angka kemiskinan yang juga berhasil diturunkan dari 23,4 persen pada 2015 menjadi 16,02 persen pada 2016.

"Pertumbuhan ekonomi yang baik ini juga berdampak pada sektor Perbankan khususnya Perbankan Syariah di NTB," ujar Maryono di Kantor Cabang Syariah BTN Mataram di Jalan Pejanggik, Mataram, NTB, Selasa (9/1).

Maryono menyebutkan, terdapat 42 outlet perbankan syariah pada triwulan III 2017 dengan total aset sebesar Rp 3,34 triliun, di mana Dana Pihak Ketiga (DPK) yang terkumpul sebesar Rp 1,62 triliun sedangkan pembiayaan yang diberikan kepada masyarakat sebesar Rp 2,87 triliun.

Maryono menambahkan, potensi pertumbuhan ekonomi syariah di NTB sangat menjanjikan lantaran mayoritas penduduk NTB beragama Islam, dan telah membranding daerah dengan wisata halal sebagai sektor unggulan di NTB

"Peluang ini yang ditangkap oleh manajemen Bank BTN untuk dapat segera membuka KCS di Provinsi NTB dengan Kota Mataram sebagai pilihan utama karena merupakan Ibu kota dan pusat pemerintahan serta ekonomi NTB," lanjut Maryono.

Maryono menyampaikan, pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berkembang pesat perlu diimbangi dengan pelayanan perbankan yang juga cepat.Proses bisnis, lanjut Maryono, harus berjalan cepat dan birkorasi harus semaksimal mungkin untuk dikurangi dengan tetap berpegang teguh pada ketentuan dan Good Corporate Governance.

"Peresmian KCS Mataram ini sebagai salah satu upaya strategis Bank BTN dalam mendukung program Program Sejuta Rumah di mana wilayah Mataram dan sekitarnya diharapkan dapat memberikan dukungan untuk Program Sejuta Rumah tersebut," ucap Maryono.

Bagi Maryono, kompetensi dan pengalaman Bank BTN dalam memberikan pembiayaan perumahan menjadi modal strategis yang akan dimanfaatkan KCS Mataram untuk memenuhi kebutuhan kepemilikan rumah dengan prinsip syariah bagi masyarakat di wilayah Mataram dan sekitarnya.

Hingga saat ini, BTN telah memiliki 24 outlet Kantor Cabang Syariah dan 73 outlet Kantor Cabang Konvensional.Maryono menyampaikan terima kasih kepada Pemprov NTB yang telah membantu dan mendukung diresmikannya KCS Mataram.

"Kami berharap dengan hadirnya KCS Mataram dapat memenuhi harapan masyarakat kota Mataram dan sekitarnya akan kebutuhan layanan perbankan Syariah khususnya di bidang pembiayaan perumahan," kata Maryono menambahkan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES