Kamis , 07 December 2017, 04:20 WIB

Penghargaan Berikan Motivasi untuk Pelaku Ekonomi Syariah

Rep: Ahmad Fikri Noor / Red: Reiny Dwinanda
Republika/Prayogi
  Para penerima Anugerah Syariah Republika (ASR) 2017 dan tamu undangan berfoto bersama usai acara ASR 2017 di Jakarta, Rabu (6/12) malam.
Para penerima Anugerah Syariah Republika (ASR) 2017 dan tamu undangan berfoto bersama usai acara ASR 2017 di Jakarta, Rabu (6/12) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin memandang positif penyelenggaraan Anugerah Syariah Republika 2017. 

Saleh menilai, penghargaan tersebut dapat memberikan motivasi dan semangat pada para pelaku ekonomi syariah.

"Republika sangat baik dalam memberikan apresiasi semacam ini," ujar Saleh usai menghadiri Anugerah Syariah Republika 2017 di Hotel JW Marriott, Jakarta, Rabu (6/12).

Saleh meyakini apresiasi yang diberikan Republika akan membuat layanan jasa keuangan syariah terpacu untuk bekerja dengan lebih baik. 

Baca juga: Baznas: Anugerah Syariah Republika Sangat Perlu

"Hal yang paling utama adalah bagaimana ekonomi syariah bisa memperbaiki pelayanannya kepada konsumen," ujar Saleh.

Ia mengamati, pertumbuhan bank syariah di Indonesia sangat pesat. Ekonomi syariah memiliki potensi untuk berkembang karena pangsa pasarnya besar. 

"Ini perlu digarap dengan baik sehingga tentu kita berharap pertumbuhan ekonomi kita ikut terdorong," ujarnya.

Anugerah Syariah Republika (ASR) 2017 memberikan penghargaan kepada insan syariah dan institusi syariah di Indonesia. Acara yang baru dihelat pertama kali ini diselenggarakan di Hotel JW Marriott, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (6/12).

ASR 2017 membagi penghargaan ke dalam sejumlah kategori, yakni kategori perbankan, asuransi, financial technology (fintech), dan tokoh syariah/keuangan syariah.

Untuk perbankan dibagi lagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU), aset, dan perbankan daerah dalam hal ini Bank Pembangunan Daerah (BPD).