Rabu , 06 December 2017, 22:00 WIB

Inilah Para Pemenang Anugerah Syariah Republika 2017

Rep: Binti Sholikah/ Red: Budi Raharjo
Republika/Prayogi
  Para penerima Anugerah Syariah Republika (ASR) 2017 dan tamu undangan berfoto bersama usai acara ASR 2017 di Jakarta, Rabu (6/12) malam.
Para penerima Anugerah Syariah Republika (ASR) 2017 dan tamu undangan berfoto bersama usai acara ASR 2017 di Jakarta, Rabu (6/12) malam.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Anugerah Syariah Republika (ASR) 2017 memberikan penghargaan kepada insan syariah dan institusi syariah di Indonesia. Acara yang baru dihelat pertama kali ini diselenggarakan di Hotel JW Marriott, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (6/12).

ASR 2017 membagi penghargaan ke dalam sejumlah kategori, yakni kategori perbankan, asuransi, financial technology (fintech), dan tokoh syariah/keuangan syariah. Untuk perbankan dibagi lagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU), aset, dan perbankan daerah dalam hal ini Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Berikut ini adalah para pemenang ASR 2017. Kategori Asuransi Inovasi Terbaik diraih oleh Asuransi Prudential Syariah.

Bank Syariah dengan aset Rp 10 triliun sampai Rp 30 triliun kategori Kinerja Terbaik diraih oleh BNI Syariah, serta kategori Kinerja dan Inovasi Terbaik juga diraih oleh BNI Syariah.

Bank Syariah aset di atas Rp 30 triliun kategori Kinerja Terbaik diraih oleh Bank Syariah Mandiri, dan kategori Inovasi Terbaik Bank Muamalat.

Kategori Unit Usaha Syariah (UUS) BPD dengan Kinerja Terbaik diraih oleh UUS Bank Nagari; Inovasi Terbaik diraih olah UUS Bank NTB; serta Kinerja dan Inovasi Terbaik diraih oleh UUS Bank Jateng.

Selain itu, Republika juga memberikan Penghargaan Khusus. Kategori Penghargaan khusus bank yang sukses melakukan konversi dari bank konvensional ke syariah diberikan kepada Bank Aceh Syariah. Kemudian Penghargaan khusus bank yang sukses melakukan spin off dari bank konvensional ke syariah diraih oleh Bank BJB Syariah.

Penghargaan khusus Manajer Investasi murni syariah pertama diberikan kepada Paytren Aset Manajemen. Penghargaan khusus Fintech yang berakad syariah diberikan kepada Amartha Mikro Fintek.

Pada kategori UUS Bank Umum dengan Kinerja Terbaik diraih oleh BTN Syariah; Inovasi Terbaik diraih oleh CIMB Niaga Syariah; serta Kinerja dan Inovasi Terbaik juga diraih oleh CIMB Niaga Syariah.

Kategori selanjutnya, Bank Syariah Inovasi Terbaik kategori BUKU 2 - 3 dengan aset di bawah Rp 10 triliun diraih oleh BTPN Syariah. Serta Bank syariah inovasi terbaik kategori BUKU 2 - 3 dengan aset di atas Rp 10 triliun sampai Rp 30 triliun diberikan kepada BNI Syariah.

Penghargaan Bank Syariah dengan Aset di bawah Rp 10 Triliun, kategori Bank Syariah Kinerja Terbaik diberikan kepada BTPN Syariah, serta kategori Bank Syariah Kinerja dan Inovasi Terbaik juga diraih oleh BTPN Syariah.

Penghargaan Bank Syariah Terandal diraih oleh BRI Syariah.

Serta kategori terakhir yakni Tokoh Ekonomi Syariah diberikan kepada Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo.