Rabu , 04 August 2010, 23:10 WIB

BRI Syariah Kembangkan Unit Syariah di Induknya

Rep: Yogie Respati/ Red: Budi Raharjo
Ari Purwandono
Ari Purwandono

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bank umum syariah (BUS) kian ekspansif dalam memperluas jaringannya. Tak hanya dengan membuka kantor cabang, namun juga memperluas layanan dengan menyediakan unit layanan syariah di kantor cabang bank induknya.

Direktur Bisnis BRI Syariah, Ari Purwandono, mengatakan BRI Syariah kini tengah menyiapkan diri untuk membuka kantor layanan syariah di bank induknya, BRI. ''Tahun ini kami akan melakukan pilot project dulu dengan membuka minimal lima kantor layanan syariah di Jakarta untuk mencoba sistem dan SDM-nya,'' ungkapnya di Jakarta, Rabu (4/8).

Ke depannya BRI Syariah berharap dapat membuka layanan syariah di seluruh kantor dan unit BRI yang berjumlah sekitar 5.000 unit. Ari menuturkan, hal yang terpenting SDM memang harus dipersiapkan. Pasalnya BRI Syariah akan menggunakan SDM BRI, sehingga harus memberi pelatihan kepada SDM di kantor bank induknya mengenai perbankan syariah, baik dari segi operasionalnya, sistem, maupun mengenai prinsip syariah.

Dengan visinya menjadi bank ritel modern, BRI Syariah pun fokus merambah pasar ritel dengan perluasan jaringan. Pada semester I 2010, BRI Syariah memiliki aset Rp 4,8 triliun, DPK Rp 3,4 triliun, dan pembiayaan Rp 4,2 triliun.

Berita Terkait