Selasa 27 Jul 2010 00:23 WIB

Perbankan Syariah Patut Bidik Pasar Otomotif

Rep: Yogie Respati/ Red: Budi Raharjo
Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010
Foto: Antara
Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Perbankan syariah kini mulai menggenjot pembiayaan otomotif. Pasar otomotif yang terus tumbuh menjadi peluang perbankan syariah untuk menangkap peluang tersebut.

Pengamat ekonomi syariah, Agustianto, mengatakan pasar otomotif memiliki prospek yang sangat baik. ''Seiring membaiknya perekonomian penjualan otomotif juga naik. Melihat indikator itu bank syariah selayaknya melihat pasar otomotif dan memanfaatkan momentum seperti ikut expo itu sangat tepat,'' puji Agustianto kepada Republika, Senin (26/7).

Ia menambahkan, pembiayaan otomotif dapat menjadi salah satu bentuk ekspansi pembiayaan bank syariah. Karena itu, pasar ini perlu untuk dikembangkan. Agustianto mengakui, perbankan syariah memang harus bersaing dengan bank konvensional dan leasing yang telah lama bergelut di pasar otomotif. ''Namun supaya bisa bersaing dengan bank konvensional dan leasing bank syariah juga harus bisa bersaing dari segi harga,'' jelasnya.

Di satu sisi, lanjut Agustianto, perbankan syariah juga harus memberikan pelayanan yang cepat dan mudah, serta secara gencar melakukan promosi. Dengan pasar yang begitu besar, perbankan syariah memiliki peluang untuk masuk ke pasar otomotif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement