Kamis , 26 Agustus 2010, 23:58 WIB

Tahun Depan, Pangsa Pasar Bank Syariah Bisa Naik

Rep: Yogie Respati/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Statistik Bank Indonesia per Juni 2010 memang memperlihatkan aset perbankan syariah sebesar Rp 75,2 triliun, dan dan masyarakat atau DPK Rp 58 triliun, serta pembiayaan Rp 55,8 triliun. Pangsa pasar perbankan syariah secara keseluruhan masih berada di kisaran dua persen.

Namun, Direktur Bank Syariah Mandiri (BSM), Hanawijaya, cukup optimis pangsa pasar perbankan syariah pada 2011 dapat menyentuh angka tiga persen. ''Dengan faktor pemain bank syariah yang bertambah di tahun ini, maka tahun depan seluruh infrastruktur mereka akan telah siap. Saya optimis pangsa pasar pada 2011 bisa mencapai tiga persen,'' ujarnya di Jakarta.

Direktur Utama BSM, Yuslam Fauzi, menambahkan kendati terdapat sejumlah bank asing yang tertarik masuk ke industri perbankan syariah Indonesia, ia tetap optimis pemain lokal bank syariah akan tetap dapat bersaing. Dalam waktu dekat bank asal Malaysia, Maybank akan mengonversi Maybank Indocorp menjadi bank umum syariah (BUS).

Jika terealisasi tahun ini Maybank Syariah akan menjadi BUS ke-11 di Indonesia. BUS lainnya yang telah beroperasi, yakni Bank Muamalat, BSM, Bank Mega Syariah, BRI Syariah, Bank Syariah Bukopin, Bank Victoria Syariah, Bank Panin Syariah, BCA Syariah, BNI Syariah, dan Bank Jabar Banten Syariah.

Berita Terkait