Rabu , 20 September 2017, 16:36 WIB

Pegadaian Gencarkan Pembiayaan Kendaraan Berbasis Syariah

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Karta Raharja Ucu
Republika/Rakhmawaty La'lang
 Karyawan melayani nasabah di kantor Pegadaian Syariah, Jakarta.
Karyawan melayani nasabah di kantor Pegadaian Syariah, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Pegadaian terus menggencarkan program pembiayaan kendaraan berbasis syariah. Program tersebut merupakan bagian dari produk pembiayaan amanah yang mempermudah masyarakat memiliki kendaraan bermotor. Untuk terus menggencarkan kemudahan ini, PT Pegadaian Kanwil X Bandung menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Salah satunya lewat program kegiatan 'Berkah Amanah Pegadaian 2017'.

Pimpinan Wilayah PT Pegadaian Kanwil X Bandung Yudi Sadono mengatakan Berkah Amanah ini dimaksudkan untuk lebih mengenalkan masyarakat terhadap produk pembiayaan kendaraan bermotor. Masyarakat bisa memiliki kendaraan dengan biaya lebih murah karena berbasis syariah.

"Berkah Amanah Pegadaian itu program pembiayaan kendaraan bermotor dengan skemanya syariah. Berkah Amanah ini yang ingin kita sampaikan produk pegadaian dengan pembiayaan yang humanity," kata Yudi dalam konferensi persnya di Kantor Pegadaian Kanwil X Bandung, Jalan Pungkur, Kota Bandung, Rabu (20/9).

Yudi mengatakan, selama ini masih banyak masyarakat yang kesulitan memiliki kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat karena keterbatasan pendanaan. Meskipun banyak tawaran kredit dengan uang muka murah tapi cicilan besar atau lama sehingga membuat harga kendaraan jatuhnya menjadi tinggi.

Karena itu, Yudi mengatakan Pegadaian hadir dengan skema syariah. Di mana ditekankan prinsip bagi hasil, sehingga pembiayaannya menjadi lebih murah.

"Makanya kita beda dengan finansial kendaraan yang lain. Uang mukanya tergolong rasional yakni 10-20 persen. Biasanya kan bunga bisa 2-3 persen per bulan. Kita dengan skema syariah dengan sistem bagi hasil hanya 1 persen," ujarnya.

Melalui gelaran Berkah Amanah Pegadaian 2017 yang akan digelar pada 22-24 September, Pegadaian bekerjasama dengan beberapa dealer dan perusahaan untuk menawarkan kredit kendaraan bermotor yang mudah, murah, dan cepat. Untuk mobil bekerjasama dengan dealer Suzuki, Honda, Mitsubishi, Toyota, dan Daihatsu. Sementara motor yakni Honda dan Yamaha.

Pegadaian menyiapkan 100 unit kendaraan roda empat dan 200 unit kendaraan roda dua bagi masyarakat yang berminat memilikinya. Event ini akan digelar di Halaman Carefour Kiaracondong, Kota Bandung.

Deputi Bisnis Area Bandung 1 Dadan Kadarsah mengatakan lewat gelaran ini akan ada pameran otomotif guna memudahkan masyarakat memilih kendaraan bermotor untuk kebutuhannya. Dengan prosedur yang cepat, mudah, dan asuransi yang ringan sesuai prinsip syariah dan prinsip Pegadaian yang mengedepankan sistem kekeluargaan.

"Amanah adalah solusi pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor. Yang dituju pengusaha mikro dan karyawan tetap. Jadi prinsipnya syariah. Untuk memudahkan kepemilikan kendaraan bermotor masyarakat," kata Dadan.

Ia menuturkan dengan biaya uang muka 10 persen untuk kendaraan roda dua dan 20 persen untuk kendaraan roda empat, masyarakat bisa mengikuti program Berkah Amanah. Prosesnya pun relatif cepat yakni 2-3 hari kendaraan sudah bisa dibawa. Sementara pembiayaannya berjangkanya bisa dipilih sesuai kemampuan yakni 12, 18, 24, 36, 48 hingga 60 bulan.

Dadan pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kegiatan ini. Tidak hanya penawaran pembiayaan kendraaan, Pegadaian juga akan mempromosikan produk-produk lainnya. Sehingga masyarakat bisa teredukasi bahwa Pegadaian tidak hanya berorientasi pada gadai tapi juga ada investasi lainnya.

"Kami ingin mengedukasi masyarakat bahwa Pegadaian bukan hanya tempat gadai saja. Tapi ada juga investasi dan kredit pembiayaan lainnya," ujarnya. Dalam acara tersebut, masyarakat juya bisa ikut lelang logam mulia dan perhiasan. Serta memanfaatkan kesempatan mendapatkan jasa servis kendaraan gratis.