Saturday, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

BSM Masih Fokus ke UMKM

Tuesday, 14 August 2012, 12:15 WIB
Komentar : 1
Republika/Wihdan Hidayat
Salah satu outlet Bank Syariah Mandiri.
Salah satu outlet Bank Syariah Mandiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, Bank Syariah Mandiri (BSM) terus berupaya mendorong kemandirian masyarakat. Upaya BSM adalah dengan menyalurkan pembiayaan ke sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Komitmen tersebut terlihat dari porsi pembiayaan yang disalurkan BSM sepanjang semester pertama tahun 2012. Pada laporan kinerja BSM yang dipaparkan Senin (13/8) malam, terlihat BSM menyalurkan 73,3 persen pembiayaan ke sektor UMKM.

"Dari total pembiayaan, penyaluran terbesar masih di sektor UMKM," kata Direktur Mikro dan Kecil BSM, Hanawijaya. Porsi ini meningkat bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yaitu hanya 69,4 persen. BSM berkomitmen memberikan pembiayaan berkelanjutan ke sektor UMKM.Secara total pembiayaan yang telah disalurkan BSM mencapai Rp 39,93 triliun.

Jumlah ini naik 32,85 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pembiayaan memberikan kontribusi terhadap pendapatan margin dan bagi hasil. Tercatat pendapatan margin dan bagi hasil BSM meningkat dari Rp 1,79 triliun pada Juni 2011 menjadi Rp 2,24 triliun.

Pendapatan margin dan bagi hasil ini memberikan sumbangan terbesar terhadap laba bersih perseroan tersebut. BSM mencatat kenaikan laba yang cukup baik, yaitu 46,98 persen dari Rp 270 miliar menjadi Rp 396,84 miliar.

Reporter : Friska Yolandha
Redaktur : Hafidz Muftisany
Rasulullah saw. bersabda: Janganlah engkau berdusta mengatasnamakan aku, karena sesungguhnya orang yang berdusta atas namaku, maka ia akan masuk neraka.(HR. Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...