Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Alfamart Latih 150 Pedagang dan UKM Tangsel

Jumat, 29 Juni 2012, 17:46 WIB
Komentar : 0
alfamart
Solihin, Corporate Affair Director Alfamart.
Solihin, Corporate Affair Director Alfamart.

REPUBLIKA.CO.ID, Sekitar 150 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pedagang ritel se-Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ikut dalam pelatihan sehari yang digelar PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), pada Rabu (27/6) lalu.

Pelatihan ini diadakan atas kerja sama Alfamart dengan Dinas Koperasi Kota Tangsel. Pelatihan ini selain dihadiri Ahadi, Asda II Kota Tangerang Selatan, juga dihadiri oleh Adang Ruchyat, Ketua Dekopinda kota Tangerang Selatan.

Kegiatan pelatihan ini selain untuk membangkitkan UMKM di kawasan tersebut juga untuk memberikan pemahaman bagaimana mengelola bisnis ritel sederhana. Materinya, menata display barang, manajemen keuangan, memutar usaha di bidang bisnis ritel, mengelola persediaan barang dan uang hingga bagaimana memberikan pelayanan kepada konsumen.

“Target yang kami harapkan, setelah mendapat pelatihan ini, para pelaku UMKM dan pedagang kecil bisa memperbaiki roda usahanya,” kata Solihin, Corporate Affair Director Alfamart.

Menurut Solihin, dengan memperbaiki pola usahanya, pedagang kecil bisa berkembang lebih baik. Serta, mendorong mereka dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pencerahan sekaligus wawasan kepada pelaku UMKM. Sehingga, mereka bisa mengelola bisnis ritel secara mandiri,” katanya.

Senior Corporate Communication Manager Alfamart, Choirullah menyatakan dalam pelatihan UMKM, ini Alfamart ingin menyosialisasikan program Sales Store Point (SSP) Alfamart.

SSP adalah bentuk kepedulian perusahaan Alfamart pada pedagang kecil di sekitar toko. Dengan kata lain, Alfamart siap melayani kulakan pedagang di sekitar toko dengan harga sangat murah. “SSP, memberikan keuntungan besar bagi pedagang kecil disekitar Alfamart. Ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap mereka,” katanya.

Ia menambahkan, pedagang kulakan di Alfamart bahkan bisa menjual dengan harga sama seperti harga Alfamart.

Pelatihan UMKM ini, merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki Alfamart Sahabat Indonesia (ASI). Ada enam poin program dari Alfamart. Diantaranya yakni, Alfamart Care untuk sosial, Smart untuk pendidikan, Sport untuk olahraga. Alfamart Clean and Green untuk lingkungan, maupun Alfamart Vaganza dalam bentuk seni dan budaya.

“Ke depan, Alfamart juga akan kembali menggelar program CSR Bedah Warung di wilayah kota Tangerang Selatan ini,”  ujar Choirullah. (adv)

Redaktur : Heri Ruslan
Barang siapa yang memerhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Dan barangsiapa yang menutupi kejelekan orang lain maka Allah akan menutupi kejelekannya di hari kiamat. ((HR Bukhari-Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar