Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

BMT Perlu Dikenalkan ke Dunia

Minggu, 14 Juli 2013, 22:25 WIB
Komentar : 0
Republika/Agung Supriyanto
Transaksi pembelian Dirham Dinar di Baitul Mal wat Tamil (BMT) Al-Azhar, Jakarta,
Transaksi pembelian Dirham Dinar di Baitul Mal wat Tamil (BMT) Al-Azhar, Jakarta,

REPUBLIKA.CO.ID, LAHORE -- Salah satu sistem keuangan mikro di Indonesia, Baitul Maal wa Tamwil (BMT) harus diperkenalkan ke seluruh dunia sebagai sistem terbaik menghilangkan kemiskinan.

BMT di Indonesia telah memainkan peran penting dalam pengentasan kemiskinan dari negara yang mengadaptasi metode keuangan mikro syariah.

Chief Executive Officer (CEO) Pusat Perbankan Syariah dan Ekonomi Al-Huda, Muhammad Zubair Mughal mengatakan selama ini metode BMT masih  terbatas di Indonesia saja. "Tetapi negara lain juga membutuhkan BMT. Sistem ini harus diperkenalkan di negara-negara lain di dunia," ujarnya seperti dikutip Awake Africa, beberapa waktu lalu.

Metode keuangan mikro syariah BMT akan tersedia bersama dengan Murabahah dan Mudharabah. Menurut dia, dalam mengentaskan kemiskinan lewat keuangan mikro syariah, perlu juga adanya peran branchless banking, inovasi produk dan pengetahuan finansial.

"Muslim perlu dibawa pada inklusi keuangan. Keuangan mikro syariah perlu diperkenalkan," kata dia. 

Keuangan mikro berbasis bunga disinyalir menyebabkan kemiskinan. Kemiskinan akan meningkat jika umat Muslim tidak beralih ke keuangan mikro syariah. Pasalnya separuh dari kemiskinan di dunia terletak di negara-negara Muslim.

Industri keuangan syariah Indonesia memiliki 11 Bank Umum Syariah (BUS), 24 Unit Usaha Syariah (UUS), 43 lembaga asuransi syariah, 16 perusahaan keuangan syariah serta lebih dari 5.500 BMT. Dengan modal ini, Indonesia berpotensi memiliki posisi luar biasa di keuangan syariah global.

Mughal menyebutkan pada Oktober nanti, lembaga keuangan mikro syariah dan profesional dunia akan berkumpul di Dubai untuk mengkompilasi strategi memperkuat industri keuangan mikro syariah.

Reporter : Qommarria Rostanti
Redaktur : Djibril Muhammad
Hai Bani Israil, ingatlah akan nimat-Ku yang telah Ku-anugerahkan kepadamu dan Aku telah melebihkan kamu atas segala umat. (QS. Al-Baqarah [2]:122)
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar