Senin , 18 Desember 2017, 18:24 WIB

Jelang Akhir Tahun, Presiden Pastikan Stabilitas Pangan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Republika/Edi Yusuf
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melambaikan tangan usai menghadiri acara Entrepreneurs Wanted ! bertajuk
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melambaikan tangan usai menghadiri acara Entrepreneurs Wanted ! bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk menjaga stabilitas dan ketersediaan bahan pokok menjelang hari raya Natal dan tahun baru. Terlebih di sejumlah daerah saat ini juga tengah mengantisipasi dan menghadapi cuaca ekstrem.

Hal ini disampaikan Presiden saat membuka rapat terbatas mengenai persiapan Natal dan tahun baru di Kantor Presiden, Jakarta.

"Ini juga sudah rutin kita lakukan tapi sekali lagi tetap kita antisipasi mengingat telah terjadi cuaca ekstrem, terjadi bencana di beberapa daerah sehingga ketersediaan dan stabilitas harga pangan perlu mendapatkan perhatian serius," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (18/12).

Tak hanya itu, Presiden juga meminta agar distribusi logistik baik bahan pokok, BBM, serta gas elpiji di seluruh daerah dapat dilakukan dengan lancar. Terkait layanan transportasi menjelang libur panjang, Jokowi menginstruksikan agar jajarannya memastikan layanan transportasi dapat mudah diakses serta memberikan kenyamanan.

"Saya kira kita tahu tahun ini ada liburan yang sangat panjang sehingga harus dipastikan layanan transportasi mudah diakses oleh masyarakat yang aman, yang nyaman," ujar dia.

Menurut dia, momentum liburan pada akhir tahun ini harus disiapkan dengan baik. Sebab, kebutuhan layanan transportasi akan semakin meningkat sehingga keselamatan masyarakat menjadi hal utama. "Utamakan keselamatan warga dalam menggunakan sarana transportasi baik di darat, laut, maupun udara," kata Jokowi.

Baca juga: Mendag: Ada Kenaikan Harga Pangan di Beberapa Daerah